Kompas.com - 16/04/2015, 15:29 WIB
Segway. ist.Segway.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Startup robotik basis Tiongkok, Ninebot, resmi mengakuisisi perusahaan transportasi inovatif Amerika Serikat, Segway. Ninebot merupakan salah satu startup yang berada di bawah naungan Xiaomi.

Segway sendiri terkenal dengan moda roda dua unik bertenaga listrik. Segway dikendarai dan dikendalikan dengan berdiri.
 
Dilansir KompasTekno, Kamis (16/4/2015) dari AndroidAuthority, Xiaomi dan beberapa perusahaan turut berinvestasi dengan dana 80 juta dollar AS atau setara Rp 1 triliun dalam proses akuisisi itu.

Namun, tak dibeberkan berapa nilai akuisisi keseluruhan yang dikucurkan Ninebot.

Yang menarik, sebelum akuisisi disepakati, Ninebot dan Segway sempat terlibat ketegangan beberapa bulan lalu. Segway menuntut Ninebot ihwal hak paten. Namun, hal tersebut telah dirembukkan.

Perlu diketahui, Ninebot adalah startup yang baru berumur tiga tahun. Perusahaan ini telah memasarkan produk-produknya ke-38 negara di seluruh dunia.

Dengan diakuisisinya Segway, bertambah lagi startup yang masuk ke Mi Ecosystem. Tapi, baik Ninebot maupun Segway telah mengkonfirmasi akan melanjutkan penciptaan produk di bawah nama masing-masing.

Bagaimanapun, Xiaomi bakal menambah satu lagi skala produknya untuk mengekspansi portofolio usahanya. Disinyalir, akuisisi Segway juga merupakan strategi Xiaomi untuk masuk ke pasar negara-negara barat seperti AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, sudah ada 27 startup yang diakuisisi Xiaomi. Ini menunjukkan gelagat Xiaomi yang tak ingin sekedar dikenal sebagai pabrikan ponsel pintar murah.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.