Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Akuisisi Pembuat Moda Unik Segway

Kompas.com - 16/04/2015, 15:29 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Startup robotik basis Tiongkok, Ninebot, resmi mengakuisisi perusahaan transportasi inovatif Amerika Serikat, Segway. Ninebot merupakan salah satu startup yang berada di bawah naungan Xiaomi.

Segway sendiri terkenal dengan moda roda dua unik bertenaga listrik. Segway dikendarai dan dikendalikan dengan berdiri.
 
Dilansir KompasTekno, Kamis (16/4/2015) dari AndroidAuthority, Xiaomi dan beberapa perusahaan turut berinvestasi dengan dana 80 juta dollar AS atau setara Rp 1 triliun dalam proses akuisisi itu.

Namun, tak dibeberkan berapa nilai akuisisi keseluruhan yang dikucurkan Ninebot.

Yang menarik, sebelum akuisisi disepakati, Ninebot dan Segway sempat terlibat ketegangan beberapa bulan lalu. Segway menuntut Ninebot ihwal hak paten. Namun, hal tersebut telah dirembukkan.

Perlu diketahui, Ninebot adalah startup yang baru berumur tiga tahun. Perusahaan ini telah memasarkan produk-produknya ke-38 negara di seluruh dunia.

Dengan diakuisisinya Segway, bertambah lagi startup yang masuk ke Mi Ecosystem. Tapi, baik Ninebot maupun Segway telah mengkonfirmasi akan melanjutkan penciptaan produk di bawah nama masing-masing.

Bagaimanapun, Xiaomi bakal menambah satu lagi skala produknya untuk mengekspansi portofolio usahanya. Disinyalir, akuisisi Segway juga merupakan strategi Xiaomi untuk masuk ke pasar negara-negara barat seperti AS.

Saat ini, sudah ada 27 startup yang diakuisisi Xiaomi. Ini menunjukkan gelagat Xiaomi yang tak ingin sekedar dikenal sebagai pabrikan ponsel pintar murah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com