Facebook dan Indosat Boyong Program Internet Gratis ke Indonesia - Kompas.com

Facebook dan Indosat Boyong Program Internet Gratis ke Indonesia

Kompas.com - 17/04/2015, 15:32 WIB
Reska K. Nistanto/KOMPAS.com Presiden Direktur Indosat, Alexander Rusli (paling kiri) dan petinggi Facebook dalam peluncuran program internet.org di Indonesia, Jakarta, Jumat (17/4/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Indosat bekerjasama dengan Facebook meluncurkan layanan Internet.org, sebuah inisiasi dari Facebook untuk memberikan akses internet gratis kepada masyarakat luas.

Pengguna jaringan Indosat (Mentari, Matrix, dan IM3) kini bisa mengakses konten dan aplikasi yang ikut dalam program Internet.org secara gratis. Konten-konten itu antara lain Facebook, situs belanja, portal berita dan hiburan, serta informasi karir dan olah raga.

Peresmian layanan dilakukan di Jakarta pada Jumat (17/4/2015). Presiden Direktur Indosat, Alexander Rusli dalam sambutannya mengatakan bahwa inisiasi Internet.org ini adalah sebagai upaya untuk menyertakan lebih banyak lagi masyarakat agar terhubung dengan Internet.

"Dua puluh delapan persen akses internet saat ini berasal dari seluler, penetrasi ini diyakini bakal lebih besar, sementara target broadband pemerintah tahun ini mencapai 50 persen," kata Alexander.

Internet.org, dikatakan pria akrab dipanggil Alex ini, akan mempermudah lebih banyak orang lagi untuk  terhubung dengan internet, teemasuk pengguna feature phone yang saat ini masih ada sekitar 70 persen.

"Lingkungan juga membuat mereka sulit untuj mengakses internet, seperti pulsa atau membeli smartphone, kami mencoba mendobrak barrier ini," ujarnya.

Menurut Alex, kemudahan yang diberikan Indosat dengan Internet.org adalah mengangkat kekhawatiran pengguna yang selama ini harus berpikir untuk membeli paket data.

"Dengan program ini mereka tidak perlu lagi memikirkan beban beli data," ujarnya. Karena dengan menggunakan jaringan Indosat, akses data diberikan secara gratis.

Selain itu, aplikasi-aplikasi dan konten di Internet.org juga diklaim Alex tidak lapar bandwidth. "Pakai 2G pun cepat, butuh bandwidth kecil saja," katanya.

Sementara Budi Setiawan, Dirjen Sumber Daya Pos dan Informatika Kemenkominfo yang juga hadir dalam acara mengatakan, "Mudah-mudahan denhan Internet.org bisa membuka lebih banyak lagi akses dan peluang bagi masyarakat Indonesia."


EditorReza Wahyudi

Close Ads X