Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Android Microsoft Meluncur ke Cyanogen

Kompas.com - 17/04/2015, 15:49 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Cyanogen dan Microsoft telah sepakat menjalin kemitraan strategis. Ke depan, perangkat-perangkat dengan sistem operasi Cyanogen bakal langsung tersematkan berbagai aplikasi Android pilihan dari Microsoft secara otomatis.

Dilansir KompasTekno, Jumat (17/4/2015) dari AndroidAuthority, bundle aplikasi otomatis Microsoft bakal meluncur ke perangkat-perangkat Cyanogen akhir tahun ini. Di antaranya layanan-layanan Bing, Skype, OneDrive, OneNote, Outlook, dan Offices.

Sehubungan dengan ini, Microsoft juga bakal menciptakan "native integration" atau penyatuan yang mumpuni untuk berbagai aplikasi. Namun, belum detil Microsoft menjelaskan ihwal hal tersebut.

Secara garis besar, kata Microsoft, "native integrations" pada perangkat Cyanogen bakal menciptakan kekuatan tahap baru dari pengalaman menjajal perangkat elektronik.

"Layanan kami bakal menjangkau semua orang dan dapat diberdayakan dalam semua aspek kehidupan," kata Vice President Engineering Microsoft Peggy Johnson.

Sementara itu, bagi Cyanogen, bundle aplikasi Microsoft ke perangkat sistem operasinya merupakan langkah maju untuk terlepas dari dominasi Google. Sebelumnya, CEO Cyanogen Kirt McMaster telah menyatakan intensinya untuk menarik Android dari cengkraman Google. Seperti diketahui, Cyanogen merupakan sistem operasi pihak ketiga dari Android.

Kemitraan ini menunjukkan gelagat yang agresif pula dari Microsoft untuk mengekspansi layanannya dan melengser kekuatan Google. Pasalnya, baru-baru ini Samsung Galaxy 6 juga diumumkan bakal mengusung bundle aplikasi dari Microsoft.

Dirumorkan, Microsoft juga telah menanam investasi ke Cyanogen senilai 80 juta dollar AS atau setara Rp 1 triliun. Di bawah kepemimpinan Satya Nadella, Microsoft tampak siap berkompetisi dengan lebih gesit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com