Kompas.com - 17/04/2015, 15:49 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Cyanogen dan Microsoft telah sepakat menjalin kemitraan strategis. Ke depan, perangkat-perangkat dengan sistem operasi Cyanogen bakal langsung tersematkan berbagai aplikasi Android pilihan dari Microsoft secara otomatis.

Dilansir KompasTekno, Jumat (17/4/2015) dari AndroidAuthority, bundle aplikasi otomatis Microsoft bakal meluncur ke perangkat-perangkat Cyanogen akhir tahun ini. Di antaranya layanan-layanan Bing, Skype, OneDrive, OneNote, Outlook, dan Offices.

Sehubungan dengan ini, Microsoft juga bakal menciptakan "native integration" atau penyatuan yang mumpuni untuk berbagai aplikasi. Namun, belum detil Microsoft menjelaskan ihwal hal tersebut.

Secara garis besar, kata Microsoft, "native integrations" pada perangkat Cyanogen bakal menciptakan kekuatan tahap baru dari pengalaman menjajal perangkat elektronik.

"Layanan kami bakal menjangkau semua orang dan dapat diberdayakan dalam semua aspek kehidupan," kata Vice President Engineering Microsoft Peggy Johnson.

Sementara itu, bagi Cyanogen, bundle aplikasi Microsoft ke perangkat sistem operasinya merupakan langkah maju untuk terlepas dari dominasi Google. Sebelumnya, CEO Cyanogen Kirt McMaster telah menyatakan intensinya untuk menarik Android dari cengkraman Google. Seperti diketahui, Cyanogen merupakan sistem operasi pihak ketiga dari Android.

Kemitraan ini menunjukkan gelagat yang agresif pula dari Microsoft untuk mengekspansi layanannya dan melengser kekuatan Google. Pasalnya, baru-baru ini Samsung Galaxy 6 juga diumumkan bakal mengusung bundle aplikasi dari Microsoft.

Dirumorkan, Microsoft juga telah menanam investasi ke Cyanogen senilai 80 juta dollar AS atau setara Rp 1 triliun. Di bawah kepemimpinan Satya Nadella, Microsoft tampak siap berkompetisi dengan lebih gesit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.