Tantangan "Board Game" Kompas, 5 Kota 55 Prototipe

Kompas.com - 20/04/2015, 10:34 WIB
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompetisi perancangan permainan papan "Board Game Challenge 2015" yang diadakan di lima kota telah menghasilkan 55 prototipe board game ciptaan anak bangsa.

Kompetisi dan workshop board game ini merupakan hasil kerja sama Harian Kompas dengan Kummara. Perlu diketahui, Kummara adalah perusahaan konsultan dan perancang board game asal Bandung.

Di era serba digital, masyarakat cenderung menggandrungi jenis permainan yang tersemat di perangkat elektronik. Misalnya PlayStation, XBox, atau game di smartphone dan tablet.

Jenis permainan papan (board game) yang dimainkan secara tradisional dan berkelompok cenderung ditinggalkan. Nah, untuk membangkitkan kembali semangat bermain dan berkumpul lewat board game dibuatlah acara "Board Game Challenge 2015".

"Kita bisa lihat masih kurang board game Indonesia yang unjuk gigi di ranah internasional. Padahal kita punya konten budaya dan kearifan lokal yang patut di-explore lewat game," kata CEO Kummara Eko Nugroho pada acara penutupan Board Game Challengekepada KompasTekno.

Acara ini berlangsung di lima kota, yakni Jogjakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, dan Jakarta, dari 6 Maret hingga 19 April 2015.

Jakarta menjadi kota terakhir tempat penyelenggaraan. Minggu (19/04/2015), "Board Game Challenge" resmi ditutup di Jakarta, sekaligus menyudahi rangkaian acara di lima kota tersebut.

Seperti di kota-kota sebelumnya, "Board Game Challenge" di Jakarta berlangsung tiga hari berturut-turut, yakni dari 17 hingga 19 April.

Ada 17 tim yang menyanggupi tantangan rangkaian acara workshop dan kompetisi yang dilangsungkan di Gedung Serbaguna Kompas Jakarta tersebut.

Satu tim terdiri dari dua hingga empat orang. Selama tiga hari, mereka berusaha menyerap ilmu yang diberikan dan mengimplementasikannya pada proyek final yang ditantang, yakni membuat prototipe board game.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.