Bikin Ponsel 4G, Smartfren Akan Gandeng Nokia

Kompas.com - 21/04/2015, 10:16 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Andromax C3s dan C3si yang diluncurkan Smartfren, Senin (20/4/2015) merupakan perangkat 3G terakhir yang diproduksi operator CDMA tersebut. Ini diungkap langsung oleh Deputy CEO Smartfren Telecom, Djoko Tata Ibrahim.

Ke depannya, Djoko berharap Smartfren bisa memproduksi smartphone 4G. Smartfren sendiri menargetkan handset 4G miliknya sudah mulai beredar pada pertengahan tahun depan.

"Smartfren commit dengan CDMA,  ini merupakan smartphone (3G) generasi terakhir, produk berikutnya kami akan menggunakan teknologi 4G," ujar Djoko saat dijumpai KompasTekno seusai acara peluncuran Andromax C3s dan C3si di Jakarta, Senin (20/4/2015).

Untuk memproduksi smartphone 4G, Smartfren mengaku akan bekerja sama dengan dua vendor smartphone besar, yaitu Nokia dan ZTE. Nokia, dijelaskan Djoko, akan memproduksi handset 4G untuk wilayah Indonesia barat, sementara ZTE untuk wilayah Indonesia timur.

Smartfren sendiri setelah pindah dari frekuensi 1.900 MHz saat ini memiliki alokasi kanal sebesar 30 MHz di frekuensi 2,3 GHz.

Selain itu, Smartfren juga mendapatkan penambahan pita frekuensi 850 MHz setelah melakukan konsolidasi jaringan dengan Bakrie Telecom, dari semula 5 MHz menjadi 10 MHz, standar minimum penggunaan teknologi 4G LTE.

Di awal tahun, Djoko juga pernah mengatakan bahwa Smartfren tengah membangun jaringan baru di frekuensi 2.300 MHz agar bisa mengadopsi 4G LTE, dan menggelarnya di 10 kota besar di Pulau Jawa pada tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.