Kompas.com - 21/04/2015, 11:53 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Semakin gencarnya fitur messaging yang ditawarkan berbagai jejaring sosial, Twitter kembali merevisi kebijakan fitur Direct Message (DM) dalam layanannya.

Sebelumnya, fitur Direct Message hanya bisa diakses jika kedua kontak sudah saling mem-follow. Namun kini, Twitter membuat siapa saja bisa mengirim dan menerima DM, tanpa harus mem-follow lebih dahulu.

Dikutip KompasTekno dari Venture Beat, Senin(21/4/2015), Twitter telah memperkenalkan fitur DM langsung ini pada Oktober 2013, namun tidak bertahan lama. Beberapa minggu kemudian Twitter menghapus fitur tersebut.

Pengguna Twitter yang terlanjur mengaktifkan fitur tersebut sebelum dihilangkan, tetap bisa menerima DM dari siapa saja.

Namun kini, pengguna web bisa meng-update setting mereka untuk menerima DM dari siapa saja. Sementara pengguna Twitter mobile di iOS dan Android akan menemukan tombol Direct Message di halaman user profile mereka.

Untuk mengakses fitur menerima DM dari siapa saja, buka Twitter melalui browser web, lalu klik foto profil di sebelah kanan atas. Dari situ, akan muncul sederetan menu, pilih menu Settings.

Dalam halaman Settings, pengguna disodori deretan pilihan menu lain di sebelah kiri. Klik menu Security and privacy di sebelah kiri.

Dalam halaman menu Security and privacy tersebut, pilihan Direct Messages ada di bagian paling bawah. Beri tanda centang di depan tulisan "Receive Direct Messages from anyone" jika ingin menerima DM dari siapa saja.

Sementara untuk pengguna mobile, menurut pantauan KompasTekno, belum ada update yang memunculkan tombol DM di user profile. Kemungkinan update tersebut akan diberikan Twitter dalam wkatu dekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.