Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game "GTA V" untuk PC Perlu 7 DVD dan 100GB HDD

Kompas.com - 21/04/2015, 15:32 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Geek.com
KOMPAS.com - Setelah ditunda beberapa kali, game populer Grand Theft Auto (GTA) V versi PC akhirnya dirilis juga. Game itu dilepas ke pasar tepat pada 14 April 2015.

Game ini sangat tidak "ramah" bagi pengguna PC dengan media penyimpanan berkapasitas rendah. Pasalnya, file instalasi GTA V versi PC memiliki kapasitas berukuran sangat jumbo, yakni 65 GB.

File tersebut nantinya akan "membengkak" dan memerlukan ruang di harddisk (HDD) hingga 100 GB setelah instalasi selesai dilakukan.

Rockstar, pihak pengembang game ini, menjual game ini dengan menggunakan dua metode. Cara pertama adalah dengan mengunduh melalui internet.

Bagi yang memiliki kecepatan internet yang cepat, mengunduh file sebesar 65 GB tidak akan menjadi kendala tersendiri. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Rockstar juga menjual versi fisik GTA V dalam bentuk DVD.

Mengapa tidak menggunakan kepingan Blu-ray? Tampaknya, Rockstar menyadari bahwa belum semua pengguna PC menggunakan optical drive Blu-ray. Oleh karena itu, pengembang tersebut masih menggunakan DVD.

Mengingat besarnya file tersebut, Rockstar membagi file instalasi tersebut dalam jumlah yang cukup banyak, seperti KompasTekno kutip dari Geek, Senin (20/4/2015), yaitu sebanyak 7 keping DVD.

Geek.com GTA V untuk PC terdiri dari 7 keping DVD
GTA V versi PC sendiri sebenarnya sudah mengalami kemunduran waktu rilis beberapa kali lantaran Rockstar menambahkan beberapa fitur baru. Salah satunya adalah dukungan game dalam resolusi sangat tinggi, yakni 4K.

Untuk memainkan game dengan kualitas tersebut, tentunya dibutuhkan spesifikasi yang tinggi pula. Beberapa waktu lalu, Kevin Hoare, President Rockstar Toronto, pernah menyarankan bagi para pemain untuk menggunakan kartu grafis AMD HD 7870 atau Nvidia 760 dengan VRAM 2 GB agar bisa bermain GTA V dalam kualitas 4K.

Menurut pengamatan KompasTekno, game GTA V untuk PC ini sudah mulai dijual di Indonesia. Ia dijual dengan harga sekitar Rp 690.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Geek.com

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com