Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2015, 09:28 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com
- Fitur WhatsApp Call kini hadir juga di sistem operasi iOS milik Apple. Fitur tersebut membuat sesama pengguna WhatsApp bisa saling menelepon melalui jaringan internet, sehingga lepas dari beban pulsa dari operator.

Pengguna iPhone harus terlebih dahulu memperbarui aplikasi berkirim pesan tersebut menjadi versi 2.12 melalui App Store. Meski demikian, fitur telepon di WhatsApp disebarkan secara bertahap. Belum semua, pengguna iPhone dapat menggunakannya saat.

Menurut pengamatan KompasTekno, beberapa pengguna iPhone baru bisa menerima panggilan WhatsApp Call dari pengguna Android.

screenshot Pemutakhiran WhatsApp di iOS App Store menghadirkan fitur Call
Seperti dikutip KompasTekno dari 9to5mac, Rabu (22/4/2015), versi terbaru ini juga menyematkan fitur sharing milik iOS 8 sehingga pengguna bisa berbagi konten foto, video hingga link kontak dari aplikasi lain di iPhone.

Perubahan-perubahan lain pada WhatsApp di iPhone itu termasuk penambahan tombol pemintas menuju kamera di dalam obrolan, edit kontak langsung melalui WhatsApp, serta kemampuan mengirim beberapa video sekaligus, crop dan mengubah orientasi video sebelum mengirimnya pada kontak lain.

Sebelumnya, pemutakhiran serupa lebih dulu dikirimkan ke sistem operasi Android. WhatsApp Call membuat pengguna bisa memanfaatkan koneksi internet untuk melakukan panggilan telepon, sehingga bebas dari biaya layanan suara yang dibebankan oleh operator.

Metode panggilan menggunakan koneksi internet ini disebut juga sebagai Voice over Internet Protocol (VoIP), seperti halnya yang terdapat pada Skype, Facetime, Line Call atau fitur call dalam Facebook Chat Messenger.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.