Kompas.com - 22/04/2015, 10:12 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Path dikabarkan sedang mengajukan penawaran kepada Daum Kakao, perusahaan induk penyedia layanan pesan instan KakaoTalk.

Path disebut telah menawarkan layanan utama jejaring sosialnya, Path Classic kepada perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Selain Path Classic, perusahaan yang didirikan oleh Dave Morin ini memiliki layanan messaging yang awalnya melekat pada Path Classic, yaitu Path Talk.

Path mengklaim memiliki 30 juta pengguna aktif di seluruh dunia, mayoritas berada di Indonesia. Jika jadi diakuisisi, Daum Kakao akan memiliki pijakan yang kuat di Indonesia, negara dengan pengguna aktif Path terbesar di dunia.

KakaoTalk dan pesaingnya, Line memang sedang berebut pasar di Indonesia, negara dengan 250 juta populasi penduduk yang aktif dalam aplikasi sosial dan mobile.

Dikutip KompasTekno dari Recode, Selasa (22/4/2015), dengan menjual Path Classic, maka perusahaan yang berbasis di San Francisco itu berharap bisa membuat Path lebih populer dan monetasinya juga lebih mudah.

Akuisisi juga diharapkan bisa membawa keuntungan bagi investor Path, termasuk di dalamnya ialah Bakrie Global Group yang berasal dari Indonesia.

Menurut sumber yang dekat dengan permasalahan ini, setelah menjual Path ke KakaoTalk, perusahaan akan beroperasi sendiri secara independen.

Pihak Path menolak untuk memberikan komentar atas rumor ini, sementara Daum Kakao belum memberikan respon atas permintaan komentar yang diajukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Recode


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.