Kompas.com - 22/04/2015, 11:18 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Bisnis Asus di Indonesia selama ini bertumpu pada PC, laptop, dan sejenisnya. Namun hal tersebut kemungkinan bakal berubah tahun 2015 seiring dengan menanjaknya produk smartphone besutan vendor asal Taiwan tersebut.

Country Group Product Leader Asus Juliana Cen menerangkan bahwa, apabila target penjualan yang ditetapkan pihaknya untuk produk smartphone tahun ini tercapai, kontribusi produk ponsel pintar untuk pendapatan Asus bakal melewati produk laptop.
 
"Tahun ini, kalau benar (target) penjualan smartphone 8 juta unit tahun ini tercapai, maka kontribusi pendapatannya bakal melewati laptop. Soalnya penjualan PC sedang cenderung stagnan, bahkan menurun," kata Juliana saat ditemui usai acara peluncuran Asus Zenfone 2 di Jakarta (21/1/2015).
 
Dari segi volume penjualam, Juliana mengatakan bahwa produk smartphone Asus sudah melewati laptop pada 2014 lalu.

Dia mengutip data firma riset IDCyang menyatakan bahwa Asus sepanjang tahun lalu mengkapalkan sekitar 1,4 juta smartphone. Sementara, penjualan laptop Asus dalam periode yang sama disebutnya tak sampai 1 juta unit.

 
Mengenai penjualan smartphone Asus, kontribusi terbesar, menurut Juliana, berasal dari seri Zenfone yang menyumbang porsi 90 persen. Sisanya diisi oleh ponsel high-end seri Padfone.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.