Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Snapdragon 820 Akan Dirakit di Pabrik Samsung?

Kompas.com - 22/04/2015, 12:08 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber Recode
KOMPAS.com - Ada yang berbeda pada proses pembuatan prosesor Snapdragon 820 terbaru dari Qualcomm. Sumber yang dekat dengan perusahaan prosesor mobile itu mengungkap bahwa prosesor terbaru itu akan dibuat di pabrik milik Samsung.

Langkah tersebut di luar kebiasaan Qualcomm, karena mereka biasanya menyerahkan sebagian besar proses manufaktur kepada Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) yang memiliki teknologi pemrosesan 20 nanometer.

Namun, seperti dilansir KompasTekno dari Recode, Selasa (21/4/2015), Samsung kini punya teknologi yang lebih unggul ketimbang TSMC. Perusahaan Korea Selatan ini memegang teknologi prosesor 14 nanometer yang lebih tipis.

Teknologi tersebut memungkinkan ukuran proseseor jadi lebih kecil, harga lebih murah dan kinerja baterai jadi lebih efektif.
 
Snapdragon 820 sendiri merupakan generasi mutakhir yang dirancang untuk perangkat kelas atas di tahun 2016 mendatang. Prediksinya, Qualcomm melakukan perakitan di pabrik Samsung agar prosesornya dapat dipakai dalam smartphone seri Galaxy S yang akan datang.

"Pilihan prosesor yang akan dipakai Samsung adalah salah satu keputusan yang paling ditunggu-tunggu. Ini adalah contoh yang tepat mengenai kerjasama antar rival," komentar analis industri prosesor Patrick Moorhead.

Baik Samsung maupun Qualcomm, tak menjawab pertanyaan apapun mengenai desas-desus ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com