Kompas.com - 22/04/2015, 12:36 WIB
Asus resmi meluncurkan smartphone Android Zenfone 2 di Indonesia pada sebuah acara peluncuran di Jakarta, Selasa (21/4/2015). Oik Yusuf/KOMPAS.comAsus resmi meluncurkan smartphone Android Zenfone 2 di Indonesia pada sebuah acara peluncuran di Jakarta, Selasa (21/4/2015).
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Smartphone besutan Asus kini sudah memiliki produk penerus bernama Zenfone 2. Acara peluncurannya digelar di Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Zenfone 2 yang memiliki empat varian yang berbeda ini akan mulai memasuki pasaran Indonesia pada pertengahan Mei mendatang.

Smartphone Android Lollipop ini dijual di kisaran harga Rp 2,7 juta hingga Rp 4,5 juta, lebih mahal dibanding seri sebelumnya yang dibanderol antara Rp 1,1 juta hingga Rp 3,1 juta pada saat peluncuran.

Kendati demikian, Juliana optimis target ambisius 2015, yaitu 8 juta unit smartphone, yang berkali lipat lebih tinggi dibanding penjualan tahun lalu itu bakal tercapai. Menurut IDC, sepanjang tahun 2014 lalu mengkapalkan sekitar 1,4 juta smartphone.

 
"Kalaupun tidak tercapai 8 juta, setidaknya 6 juta lah...kami optimis, soalnya tahun 2013 itu penjualan smartphone Asus masih ribuan," kata Juliana.

"Hanya dalam tiga kuartal (tahun 2014), kami naik ke peringkat ketiga pabrikan smartphoneterbesar Indonesia," lanjutnya.

 
Di pasaran Indonesia, berdasarkan data IDC yang sempat dipamerkan Asus beberapa waktu lalu, pabrikan tersebut memang menduduki peringkat ketiga tangga vendor smartphone sepanjang 2014 dengan pangsa 12,5 persen.
 
Urutan kedua dan pertama masing-masing ditempati Smartfren dan Samsung yang masing-masing memiliki pangsa pasar 12,6 persen dan 24,8 persen.
 
Juliana meyakini Asus bakal segera menyalip Smartfren menjadi pabrikan smartphone terbesar kedua di Indonesia.

"Tahun lalu itu selisihnya sudah tipis, hanya ribuan unit," pungkas dia.

Mengenai penjualan smartphone Asus, kontribusi terbesar, menurut Juliana, berasal dari seri Zenfone yang menyumbang porsi 90 persen. Sisanya diisi oleh ponsel high-end seri Padfone.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.