Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Huawei P8 Dituding Langgar Paten ZTE

Kompas.com - 23/04/2015, 06:20 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - ZTE mengajukan tuntutan kepada sesama vendor smartphone Tiongkok, Huawei. Menurut ZTE, smartphone Honor X2 dan P8 yang baru saja diluncurkan Huawei menggunakan teknologi kamera yang telah dipatenkan ZTE tanpa izin.

Melalui halaman resmi Weibo-nya, ZTE Nubia mengumumkan bahwa pihaknya memutuskan untuk mengajukan tuntutan hukum terhadap Huawei atas indikasi pelanggaran hak paten teknologi kamera tersebut.

"Teknologi kamera ponsel Nubia adalah hasil riset dan pengembangan, dan telah dipatenkan," demikian ujar ZTE seperti dikutip KompasTekno dari Gizmo China, Rabu (22/4/2015).

"Terhadap tindakan plagiat oleh Huawei Technologies Co., kami merasa sudah saatnya untuk megambil sikap tegas dan mengambil tindakan hukum agar tercipta persaingan yang sehat," imbuh ZTE.

Dalam dokumen surat tuntutan yang dipublikasi di halaman Weibo tersebut, ZTE mendeskripsikan paten yang diduga dilangar oleh Huawei adalah paten terkait teknologi Slow Shutter and Capture, teknologi kamera untuk memotret gerakan dalam waktu yang lama.

Huawei P8 sendiri yang diluncurkan minggu lalu di London memiliki fitur yang disebut Light Painting Function. Fitur tersebut pada dasarnya adalah kemampuan memotret obyek bergerak dengan exposure yang lama.

Paten kedua yang dimaksud ZTE adalah teknologi "imaging and mobile terminal tech."

ZTE juga meminta Huawei untuk menghentikan semua proses manufaktur dan aktivitas penjualan terhadap produk-produk yang diduga menggunakan paten ZTE itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com