Ponsel Bikin Facebook "Banjir Duit"

Kompas.com - 23/04/2015, 12:57 WIB
Permintaan data pengguna Facebook dari sejumlah negara meningkat 24 persen. BBCPermintaan data pengguna Facebook dari sejumlah negara meningkat 24 persen.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Arah bisnis Facebook semakin condong ke arah pengguna gadget mobile seperti smartphone dan tablet.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari The Verge, Kamis(23/4/2015), dalam laporan keuangan kuartal pertama 2015, jejaring sosial tersebut membeberkan bahwa 73 persen dari total pendapatannya kini disumbang oleh iklan mobile, naik dari kontribusi sebesar 59 persen pada kuartal yang sama di 2014.

Pendiri Facebook Mark Zuckerberg turut mengungkapkan bahwa setiap harinya kini para  pengguna mobile Facebook melakukan search sebanyak lebih dari 1 miliar kali.

Pada kuartal pertama tahun ini, Facebook mencatat pendapatan sebesar 3,45 miliar dollar AS dengan pemasukan bersih sebesar 1,19 miliar dollar AS. Angka tersebut baik 28 persen dibandingkan kuartal 1 2014 yang tercatat sebesar 926 juta dollar AS.

Jejaring sosial tersebut turut menyajikan lebih dari 4 miliar pemutaran video setap harinya. “Video kini sedang meledak di mobile,” kata COO Facebook Sheryl Sandberg dalam earnings call usai publikasi laporan keuangan.

Jumlah pengguna aktif bulanan Facebook sendiri tercatat mengalami kenaikan 13 persen dibanding periode yang sama tahun lalu, menjadi 1,44 miliar. Dari jumlah itu, sebanyak 1,25 miliar turut mengakses dari perangkat mobile. Sebanyak 936 juta pengguna mengakses Facebook secara reguler setiap hari.

Layanan pesan instan Whatsapp yang dimiliki Facebook juga mencatat pertumbuhan pengguna. Minggu lalu, Whatsapp melaporkan sudah memiliki 800 pengguna aktif, naik dari 700 juta yang dilaporkan pada Januari 2015.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.