Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Juga Tertarik Beli Peta Nokia

Kompas.com - 23/04/2015, 13:21 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - Raksasa teknologi, Apple disebut-sebut sebagai salah satu perusahaan yang tertarik untuk membeli bisnis layanan peta milik Nokia, yaitu Here.

Selain Apple, perusahaan-perusahaan teknologi besar lain yang juga tertarik untuk mengakuisisi Nokia Here antara lain Facebook, Alibaba dan Amazon.

Dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Rabu(22/4/2015), Nokia memang sedang berencana untuk menjual divisi petanya itu. Sementara Apple selama ini mengalami kesulitan dengan layanan peta di iOS-nya.

Dengan mengakuisisi divisi peta Nokia, maka Apple bisa memberikan layanan Maps dalam perangkat iOS-nya, dan bersaing dengan Google Maps. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California tersebut gagal memberikan layanan peta yang handal sejak pertama memperkenalkannya di tahun 2012 lalu.

Menurut laporan keuangan tahunan Nokia, divisi peta Nokia dilaporkan mengalami kerugian operasi sebesar 1,24 miliar Euro (sekitar Rp 17 triliun). Pada Januari lalu, Nokia memproyeksikan peningkatan penjualan aplikasi peta dan paten di tahun 2015.

Nokia berencana menjual divisi peta-nya itu agar bisa lebih konsentrasi di bisnis peralatan dan layanan jaringan mobile dan bersaing dengan Huawei.

Nokia juga pada minggu lalu resmi mengakuisisi Alcatel-Lucent senilai 15,6 miliar Euro (sekitar Rp 215 triliun) untuk menjadikannya sebagai pemasok peralatan jaringan mobile terbesar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com