Kompas.com - 23/04/2015, 13:21 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Raksasa teknologi, Apple disebut-sebut sebagai salah satu perusahaan yang tertarik untuk membeli bisnis layanan peta milik Nokia, yaitu Here.

Selain Apple, perusahaan-perusahaan teknologi besar lain yang juga tertarik untuk mengakuisisi Nokia Here antara lain Facebook, Alibaba dan Amazon.

Dikutip KompasTekno dari Bloomberg, Rabu(22/4/2015), Nokia memang sedang berencana untuk menjual divisi petanya itu. Sementara Apple selama ini mengalami kesulitan dengan layanan peta di iOS-nya.

Dengan mengakuisisi divisi peta Nokia, maka Apple bisa memberikan layanan Maps dalam perangkat iOS-nya, dan bersaing dengan Google Maps. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California tersebut gagal memberikan layanan peta yang handal sejak pertama memperkenalkannya di tahun 2012 lalu.

Menurut laporan keuangan tahunan Nokia, divisi peta Nokia dilaporkan mengalami kerugian operasi sebesar 1,24 miliar Euro (sekitar Rp 17 triliun). Pada Januari lalu, Nokia memproyeksikan peningkatan penjualan aplikasi peta dan paten di tahun 2015.

Nokia berencana menjual divisi peta-nya itu agar bisa lebih konsentrasi di bisnis peralatan dan layanan jaringan mobile dan bersaing dengan Huawei.

Nokia juga pada minggu lalu resmi mengakuisisi Alcatel-Lucent senilai 15,6 miliar Euro (sekitar Rp 215 triliun) untuk menjadikannya sebagai pemasok peralatan jaringan mobile terbesar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.