Mengapa Mi 4i Dianggap Flagship?

Kompas.com - 24/04/2015, 07:44 WIB
Icha Rastika/Kompas.com VP Global Xiaomi, Hugo Barra, saat memperkenalkan Xiaomi Mi 4i dalam gelaran di New Delhi, India, Kamis (23/4/2015).
NEW DELHI, KOMPAS.com - Vendor asal Tiongkok, Xiaomi meluncurkan produk terbarunya yang diberi nama Mi 4i dalam sebuah acara yang dihadiri penggemar dan jurnalis dari berbagai wilayah, termasuk jurnalis KompasTekno, Icha Rastika, di New Delhi, India (23/5/2015).

Dalam acara peluncuran tersebut, Vice President Xiaomi Global Hugo Barra menyebut Mi4i sebagai flagship atau produk unggulan Xiaomi. Padahal, harga dan kualitas Mi4i masih di bawah Mi4 yang juga disebut sebagai produk unggulan alias flagship.

Lantas, mengapa Xiaomi menganggap anak barunya ini sebagai flagship? Barra menjawab bahwa suatu produk dikatakan sebagai unggulan bukan diukur dari mahal atau murahnya produk tersebut.

"Sebuah handphone dikatakan flagship bukan karena harganya. Ponsel disebut flagship karena proses perakitannya, desain, serta komponen produk tersebut," kata Barra di tengah-tengah acara peluncuran Mi 4i di New Delhi.

Barra lalu mengklaim jika Mi 4i telah dilengkapi dengan fitur yang didukung komponen dengan kualitas terbaik. Mi 4i bukan produk yang ditelurkan dengan biaya murah. "Namun kami merahasiakan nilai biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk ini," sambung Barra.

Mi4i hadir dengan spesifikasi yang mumpuni, mulai dari prosesor berotak delapan hingga kamera berketajaman 13 megapiksel disematkan di dalamnya.

Xiaomi juga menyematkan baterai berkapasitas cukup besar, yaitu 3.120 mAh, sebagai sumber tenaga Mi 4i. Baterai tersebut diklaim bisa bertahan hingga satu setengah hari.

Dari segi baterai, Mi 4i diklaim mampu melampaui iPhone6. Barra mengklaim kapasitas baterai tersebut lebih banyak 38% dibanding perangkat premium berukuran 5-inci lain dan 72% lebih besar daripada kapasitas baterai iPhone 6.

Mengusung layar ukuran 5 inci beresolusi 1080p Full HD dan dilengkapi dengan Sunlight Display, Mi 4i hadir dengan desain khusus yang nyaman digenggam. Mi 4i juga merupakan perangkat pertama Xiaomi dengan MIUI 6 berbasis Android L.

Mi 4i hadir dengan layar berukuran 5 inci beresolusi 1080p Full HD dengan desain unibodi yang ramping. Tingkat kepadatan pixel 441 membuat tampilan layar terlihat tajam.
Ditambah lagi fitur Sunlight Display yang secara dinamis mengatur kontras pada pixel untuk tampilan gambar yang jernih bahkan dibawah sinar matahari sekalipun.

Barra juga menyampaikan bahwa mi4i adalah karya seni yang dikemas dengan komponen-komponen terbaik dari pemasok elektronik global terkemuka seperti Qualcomm, Samsung, Corning dan Sony.

Xiaomi bekerjasama dengan mitra manufaktur Foxconn untuk menciptakan motherboard kecil dan tipis untuk ponsel dengan ukuran serupa. "Untuk performa yang lebih cepat, Mi 4i dilengkapi dengan prosesor generasi kedua Qualcomm Snapdragon 615 octa-core 64-bit, 2GB LPDDR3 RAM dan 16GB onboard Flash," tutur Barra.

Untuk kamera, Mi4i disokong kamera utama sebesar 13MP f/2.0 yang mampu menghasilkan gambar yang lebih baik dengan fitur HDR unggulan Xiaomi.
 
Kamera depan sebesar 5 MP dengan lensa wide angle 80 derajat juga cocok untuk foto selfie yang sekarang dilengkapi dengan fitur Beautify.

‎Ponsel ini akan hadir di pasaran Indonesia dengan harga kurang lebih Rp 2,7 juta pada Mei 2015.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorWicak Hidayat

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X