Apa Makna i dalam Nama Mi 4i?

Kompas.com - 24/04/2015, 12:31 WIB
Suasana saat peluncuran Xiaomi Mi 4i di New Delhi, India, Kamis (23/4/2015). Icha Rastika/Kompas.comSuasana saat peluncuran Xiaomi Mi 4i di New Delhi, India, Kamis (23/4/2015).
Penulis Icha Rastika
|
EditorWicak Hidayat
NEW DELHI, KOMPAS.com — Produk terbaru Xiaomi hadir dengan nama Mi 4i. Ponsel ini disebut sebagai flagship atau produk unggulan kedua Xiaomi setelah Mi 4.

Rupanya, huruf i pada nama Mi 4i memiliki makna tersendiri. Menurut Vice President Xiaomi Global Hugo Barra, huruf i merupakan singkatan dari India, lokasi pertama tempat ponsel ini diluncurkan secara global.

"Mi 4i, Mi for India (Mi untuk India)," kata Barra saat peluncuran Mi4i di New Delhi, yang turut dihadiri wartawan KompasTekno, Icha Rastika, Kamis (23/4/2015).

Acara peluncuran ini dihadiri lebih kurang 1.500 MiFans atau penggemar Xiaomi yang sebagian besar merupakan warga lokal India.

Pendiri dan CEO Xiaomi Lei Jun menyampaikan bahwa India merupakan pasar yang besar bagi Xiaomi di luar Tiongkok. Atas dasar itu, Xiaomi menganggap para MiFans India sebagai bagian yang penting.

"Saya juga sangat senang bahwa Mi 4i kali pertama diluncurkan di India, yang kemudian diikuti oleh pasar lainnya. Tujuan Xiaomi adalah menghadirkan inovasi bagi semua orang," kata Jun dalam acara peluncuran.

Ia pun berjanji akan meluncurkan produk lebih banyak lagi untuk India dan pasar lainnya. Registrasi pembelian ponsel Mi 4i sudah bisa dilakukan melalui Flipkart di India mulai 23 April dengan harga 12.999 rupee (lebih kurang Rp 2,7 juta).

Penjualan Mi 4i dimulai pada 30 April mendatang di negeri Taj Mahal tersebut. Untuk negara lainnya, seperti Hongkong, Taiwan, Singapura, Malaysia, dan Indonesia, Mi 4i mulai dijual pada Mei mendatang.

Dalam acara peluncuran Mi 4i, Xiaomi juga mengumumkan dimulainya penjualan Mi Band alias gelang cerdas di India. Mi Band yang tersedia dalam berbagai warna tersebut dipasarkan dengan harga 999 rupee.

Mi Band tidak hanya bisa digunakan untuk memonitor aktivitas olahraga, tetapi juga untuk memonitor pola tidur. Perangkat ini juga dapat membuka ponsel Mi serta perangkat berbasis Android 5.0 lainnya. "Hingga saat ini, sebanyak 1 juta Mi Band telah terjual," kata Barra.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X