Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aspire R11, Laptop "Lipat" Terjangkau dari Acer

Kompas.com - 24/04/2015, 15:23 WIB
Deliusno

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Acer merilis notebook convertible terbarunya, Aspire R11, dalam acara Next @Acer 2015, Kamis (23/4/2015).

Salah satu perangkat teranyar dari perusahaan asal Taiwan ini dapat dinilai cukup unik karena layarnya dapat diputar hingga 360 derajat.

Produk yang satu ini dapat dikatakan sebagai laptop "lipat" karena layar monitor bisa diputar sehingga membuat perangkat itu dapat difungsikan sebagai tablet.

"Layarnya dapat diputar hingga 360 derajat, mengubah perangkat ini menjadi tablet," kata Jason Chen, CEO Acer, dalam acara peluncuran yang dihadiri langsung wartawan KompasTekno, Deliusno.

Menurut pihak Acer, salah satu kelebihan dari Aspire R11 terletak di bagian engsel atau hinge-nya. Dengan desain bernama "dual-torque", Acer mengklaim bagian engsel tersebut kuat untuk menangani layar yang dilipat secara terus menerus.

Sekadar informasi, bagian engsel pada layar biasanya mudah aus apabila terus dilipat.

Dari segi spesifikasi, Acer Aspire R11 dilengkapi dengan layar sentuh 11,6 inci beresolusi HD. Layar tersebut masih dilindungi atau dilapisi dengan produk kaca dari Corning, Gorilla Glass.

Ia dipersenjatai dengan prosesor Intel Pentium dan Intel HD. Perangkat ini nantinya bakal dijual dengan RAM hingga 8 GB dan media penyimpanan hingga 1 TB.

Salah satu nilai jual dari Aspire R11 terletak dari kekuatan baterainya. Baterai yang melengkapi notebook lipat ini diklaim mampu membuatnya hidup selama 8 jam, saat baterai dalam keadaan penuh.

Saat ini, Aspire R11 berjalan di sistem operasi Windows 8.1. Menariknya, sistem operasi tersebut bakal bisa diperbarui ke Windows 10 secara gratis, apabila sudah dirilis nantinya.

Perangkat ini sendiri bakal dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu sekitar 249 dollar AS atau sekitar Rp 3,2 juta.

Belum diketahui harga pasti dari Aspire R11 nantinya di Indonesia. Akan tetapi, perangkat ini dipastikan akan masuk ke Tanah Air di tahun 2015 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com