Awas, Pemindai Sidik Jari Galaxy S5 Rentan Dibajak

Kompas.com - 24/04/2015, 17:20 WIB
Pemindai sidik jari pada Galaxy S5 mengharuskan pengguna menyapukan jari secara vertikal oik yusuf/ kompas.comPemindai sidik jari pada Galaxy S5 mengharuskan pengguna menyapukan jari secara vertikal
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Peneliti dari firma keamanan FireEye menemukan lubang keamanan dalam fitur pemindai sidik jari milik perangkat Samsung Galaxy S5.

Menurut FireEye, peretas bisa mengakses data biometrik dari secure zone (tempat menyimpan data biometrik) dan membuat salinannya untuk digunakan di kemudian hari saat ingin meretas kembali.

Dikutip KompasTekno dari Android Authority, Kamis (23/4/2015), alih-alih membobol langsung secure zone, peretas bisa mencuri informasi langsung dari pemindai sidik jari.

Untuk melakukannya, peretas cukup memiliki akses tingkat user dan menjalankan program dengan cara rooting untuk menduplikasi informasi.

Menurut para peneliti di FireEye, dalam perangkat galaxy S5, malware hanya butuh memiliki akses tingkat user saja, sehingga peretas tidak perlu membobol masuk ke tingkat keamanan yang lebih tinggi, seperti admin.

"Setiap kali ada yang menyentuh sensor sidik jari, peretas bisa mencuri sidik jari tersebut, data tersebut bisa digunakan untuk membuat image sidik jari sendiri dan dipakai sesukanya," ujar Yulong Zhang, perwakilan dari FireEye.

Samsung sendiri mengatakan telah mengetahui lubang keamanan dalam sensor pemindai sidik jari di Galaxy S5 mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Samsung menangani privasi dan keamanan data konsumen secara serius, kami sedang menginvestigasi klaim dari FireEye tersebut," demikian tulis pernyataan resmi Samsung.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.