Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Kamera “PixelMaster” Zenfone 2

Kompas.com - 27/04/2015, 07:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Zenfone 2 telah resmi diluncurkan di Indonesia dalam sebuah acara di Jakarta Minggu lalu. Ponsel pintar ini bakal menjadi andalan baru Asus dalam upayanya mengukuhkan posisi di pasaran smartphone Tanah Air.

Salah satu fitur yang dijadikan andalan Zenfone 2 adalah kamera 13 megapixel yang diklaim mampu menghasilkan tangkapan gambar berkualitas, termasuk dalam kondisi low-light.

Benarkah demikian? Kompas Tekno sempat sedikit mencoba kemampuan kamera “PixelMaster 2.0” di Zenfone 2 tipe ZE551ML di arena peluncurkan yang turut menyediakan beberapa sarana model untuk foto.

Oik Yusuf/ Kompas.com Contoh hasil foto kamera Zenfone 2
Oik Yusuf/ Kompas.com Contoh hasil foto kamera Zenfone 2

Hasilnya tak mengecewakan untuk ukuran kamera smartphone. Lensa dengan apperture selebar f/2.0 pada kamera Zenfone 2 cukup membantu mendapatkan shutter speed yang mencukupi dalam situasi indoor ballroom hotel yang menjadi arena acara.

Namun kualitas fotonya jelas belum bisa disamakan dengan kamera digital yang dibekali sensor berukuran besar. Pada setting ISO 200, misalnya, tangkapan kamera PixelMaster 2.0 sudah menunjukkan tingkat noise yang sedikit tinggi, terutama di area-area gelap pada foto.

Oik Yusuf/ Kompas.com Crop mendekati 100 persen dari dua foto di atas. Keduanya menggunakan setting ISO 200
Oik Yusuf/ Kompas.com Contoh hasil foto kamera Zenfone 2

Warna-warna yang dihasilkan terlihat cukup natural, dengan kontras dan saturasi yang tinggi, namun cenderung memucat ketika level cahaya turun.

Hal ini wajar terjadi di kamera smartphone, terutama yang menyasar kelas budget.

Asus turut menyematkan sejumlah mode pengambilan gambar pada kamera Zenfone 2.

Salah satunya yang paling menarik adalah kemampuan menjepret foto High Dynamic Range (HDR) yang bertujuan menangkap rentang tone selebar mungkin dalam situasi kontras tinggi,  dari highlights hingga shadow.

 

 

 

 

Oik Yusuf/ Kompas.com Berbagai mode pengambilan gambar yang tersedia di aplikasi kamera Zenfone 2 (kiri), serta perbandingan detil shadow di mode pangambilan gambar normal (tengah) dan HDR

Dalam sebuah demonstrasi yang dilakukan, fitur HDR pada Zenfone 2 terlihat cukup menjanjikan dan berhasil memunculkan detil di area gelap yang tak akan terlihat di mode pengambilan gambar normal, sambil tetap mempertahankan detil di area terang alias highlights.

Ada dua tipe Zenfone 2 yang dipasarkan di Indonesia, yakni ZE551ML dan ZE550ML. Keduanya dibekali layar berukuran 5,5 inci dan kamera 13 megapixel meski hanya ZE551ML yang mengusung teknologi Pixelmaster dengan embel-embel versi “2.0”.

Perbandingan spesifikasi selengkapnya bisa dilihat pada tautan berikut.

Zenfone 2 dijadwalkan mulai tersedia di pasaran Indonesia pada pertengahan Mei mendatang. Banderol harganya dipatok pada kisaran Rp 2,7 juta hingga Rp 4,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com