Petinggi Google Jadi Korban Gempa Nepal

Kompas.com - 27/04/2015, 12:26 WIB
Dan Fredinburg, teknisi Google yang meninggal akibat gempa Nepal CnetDan Fredinburg, teknisi Google yang meninggal akibat gempa Nepal
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Seorang karyawan Google dilaporkan menjadi korban gempa Nepal dalam pendakiannya ke pegunungan Everest. Gunung tertinggi di dunia tersebut turut terguncang gemba berkekuatan 7,9 SR, Sabtu (25/4/2015) kemarin.

Dan Fredinburg yang mengepalai divisi privasi proyek Google X merupakan satu dari 17 pendaki lainnya yang meninggal dalam bencana tersebut. Informasi ini diperoleh dari akun Instagram Fredinburg yang diunggah saudara perempuannya.

"Ini adalah adik Dan, Megan. Saya menginformasikan untuk semua orang yang mencintai Dan bahwa ia telah meninggal dalam bencana gempa yang menyerang Everest pagi ini," begitu tertulis pada keterangan foto yang diunggah adik Dan pada hari bencana.

Dihimpun KompasTekno, Senin (27/4/2015) dari Cnet, Google telah mengkonfirmasi kabar tersebut. Pada saat kejadian, Fredinburg mendaki bersama tiga karyawan Google lainnya. Dan yang saat kejadian tengah berada di basecamp, meninggal dunia karena tertimbun longsor.

"Kami sedih harus kehilangan salah satu pekerja kami dalam tragedi ini. Dan Fredinburg sudah lama menjadi bagian dari kami. Saat ini, kami menunggu kepulangan tiga karyawan lainnya yang selamat," kata kepala privasi Google, Lawrence You.

Fredinburg yang telah bekerja di Google sejak 2007 itu mengklaim dirinya sebagai "Google Adventurer" atau petualang Google. Ia terlibat dalam beberapa ekspedisi Google ke Nepal. Ia juga pernah melakukan beberapa ekspedisi ke Kilimanjaro, Aconcagua, dan Gunung Elbrus untuk keperluan kerja.

Gempa di Nepal telah meluluhlantahkan sejumlah bangunan dan menewaskan ribuan orang. Akses komunikasi seperti telepon dan SMS ke sana pun masih terganggu.

Menyusul bencana ini, Google kembali merilis layanan "Person Finder". Layanan ini untuk mencari dan melaporkan orang hilang atau ditemukan. Hingga berita ini dibuat, lebih dari 4.900 data telah terhimpun di database online Google.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.