Kompas.com - 27/04/2015, 16:25 WIB
Nexus 7 Oik Yusuf/KOMPAS.comNexus 7
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Nexus 7 yang merupakan hasil kerjasama Google dengan Asus telah raib dari toko online mereka. Tablet murah tersebut kabarnya tidak akan diproduksi lagi.

"Tablet ini sudah tidak dijual lagi," tulis raksasa internet itu dalam laman toko online mereka.

Penutupan stok tersebut dilakukan pasca sejumlah pengguna mengalami masalah serius pada saat memperbarui sistem operasinya ke Android 5.0 Lollipop.

Alih-alih berhasil merasakan nikmatnya sistem operasi terbaru, baik pengguna Nexus 7 orisinil maupun generasi kedua, justru mendapatkan perangkat genggamnya tidak berfungsi lagi. Tablet mereka hanya menunjukkan logo Google saja dan layar tidak kunjung masuk ke dalam menu utama seperti biasanya.

Seperti dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Senin (27/4/2015), masalah seperti itu kerap disebut sebagai "bricking". Google maupun Asus tidak mengeluarkan pernyataan resmi mengenai penyebabnya, namun teori yang ada menyebutkan pemicunya bisa jadi karena masalah pada piranti keras atau piranti lunak.

Nexus 7 sendiri awalnya menggunakan sistem operasi Android 4.1. Hingga munculnya masalah tersebut, perangkat genggam ini telah berhasil mendapatkan 10 kali pemutakhiran.

Generasi pertama tablet ini memiliki layar 7 inci dengan ketajaman 1280 x 800 piksel dan 216 piksel per inci. Pada dapur pacunya terdapat prosesor quad core 1,3 GHz NVIDIA Tegra 3 serta RAM 1GB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Generasi kedua muncul dengan ukuran layar serupa. Namun kali ini ada pemutakhiran resolusi menjadi 1920 x 1200 piksel, 323 piksel per inci. Kecepata dapur pacunya pun meningkat menjadi quad-core 1,5 GHz Qualcomm Snapdragon S4 Pro.

Sebagai ganti Nexus 7 yang raib, raksasa internet itu menyodorkan Nexus 9 kepada para pengguna. Beda dengan tablet 7 inci yang disebutkan sebelumnya, Nexus 9 ini punya ukuran lebih besar dan lebih baru karena keluar pada akhir 2014 lalu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.