Kompas.com - 29/04/2015, 09:42 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Facebook memperkenalkan layanan video call dalam Messenger miliknya. Langkah baru perusahaan media sosial ini diambil seiring usaha kerasnya untuk membuat aplikasi tersebut menjadi platform berkirim pesan yang lengkap.

Layanan video call ini dapat digunakan oleh pengguna sistem operasi iOS dan Android. Namun belum dapat dirasakan di Indonesia karena masih terbatas di wilayah tertentu saja, yaitu Belgium, Kanada, Kroasia, Denmark, Perancis, Yunani, Irlandia, Laos, Lithuania, Meksiko, Nigeria, Norwegia, Oman, Polandia, Portugal, Inggris, Amerika Serikat, dan Urugai.

Dilansir KompasTekno dari Reuters, Rabu (29/4/2015), saat ini aplikasi yang memiliki 600 juta pengguna itu memiliki ikon video di sudut kanan atas antar-mukanya. Targetnya, penambahan fitur tersebut diharap bisa mendorong Messenger mencapai 1,4 miliar pengguna layaknya capaian Facebook.

Pada awal tahun ini, raksasa media sosial tersebut juga telah meluncurkan fitur baru berupa layanan suara dan video untuk pengguna desktop.

Dalam ajang konferensi developer Maret lalu, Chief Executive Officer Facebook Mark Zuckerberg pun menjanjikan ada banyak sekali fitur baru untuk Messenger. Salah satu yang dimaksudnya adalah kemampuan mengirimkan uang melalui aplikasi tersebut.

Mereka juga telah mengubah Messenger menjadi sebuah platform sehingga para developer bisa membuat dan memasang aplikasi langsung ke dalam alat berkirim pesan itu.

"Menambahkan video call ke Messenger mungkin benar-benar menunjukkan misi mereka untuk membuatnya menjadi aplikasi inti yang menghubungkan dua individu. Sekarang mereka benar-benar memikat orang dengan lebih banyak fitur," komentar Direktur Riset Gartner Inc, Brian Blau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.