iPad Bermasalah, Belasan Penerbangan Tertunda

Kompas.com - 29/04/2015, 14:02 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Belasan penerbangan maskapai American Airlines dilaporkan mengalami delay (penundaan keberangkatan) gara-gara kendala iPad di dalam kokpit pada Rabu (29/4/2015) dini hari waktu setempat.

Kendala tersebut membuat penerbangan American Airlines terganggu dan batal berangkat.

"Beberapa penerbangan mengalami kendala dengan aplikasi software yang dipakai di dalam iPad (yang dipakai) pilot," demikian tulis keterangan American Airlines melalui akun Twitter-nya, seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Rabu (29/4/2015).

Juru bicara American Airlines, Andrea Huguely menerangkan bahwa dalam beberapa penerbangan, pilot harus kembali ke gate untuk terhubung dengan WiFi dan mengatasi kendala di iPad-nya.

American Airlines tidak menjelaskan secara detil kendala software apa yang dialami iPad-iPad yang digunakan pilotnya di dalam kokpit.

Sejak 2012 lalu, American Airlines menjadi maskapai pertama di dunia yang menggunakan iPad sebagai electronic flight bag, menggantikan flight bag tradisional yang berupa tas kopor berisi chart bandara, buku manual, dan referensi lain pesawat yang harus dibawa pilot dalam setiap penerbangan.

Electronic flight bag berupa iPad itu diklaim American Airlines bisa menghemat biaya bahan bakar karena menggantikan tas kopor seberat 15 kilogram dalam setiap armada American Airlines.

Agar iPad bisa digunakan di kokpit sebagai electronic flight bag, pemasangannya harus mendapat persetujuan dari regulator penerbangan, dalam hal ini adalah FAA (Federal Aviation Administration).

Dalam American Airlines, FAA hanya memberi izin iPad tersebut bisa digunakan di bawah ketinggian 10.000 kaki saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.