Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPad Bermasalah, Belasan Penerbangan Tertunda

Kompas.com - 29/04/2015, 14:02 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Belasan penerbangan maskapai American Airlines dilaporkan mengalami delay (penundaan keberangkatan) gara-gara kendala iPad di dalam kokpit pada Rabu (29/4/2015) dini hari waktu setempat.

Kendala tersebut membuat penerbangan American Airlines terganggu dan batal berangkat.

"Beberapa penerbangan mengalami kendala dengan aplikasi software yang dipakai di dalam iPad (yang dipakai) pilot," demikian tulis keterangan American Airlines melalui akun Twitter-nya, seperti dikutip KompasTekno dari Engadget, Rabu (29/4/2015).

Juru bicara American Airlines, Andrea Huguely menerangkan bahwa dalam beberapa penerbangan, pilot harus kembali ke gate untuk terhubung dengan WiFi dan mengatasi kendala di iPad-nya.

American Airlines tidak menjelaskan secara detil kendala software apa yang dialami iPad-iPad yang digunakan pilotnya di dalam kokpit.

Sejak 2012 lalu, American Airlines menjadi maskapai pertama di dunia yang menggunakan iPad sebagai electronic flight bag, menggantikan flight bag tradisional yang berupa tas kopor berisi chart bandara, buku manual, dan referensi lain pesawat yang harus dibawa pilot dalam setiap penerbangan.

Electronic flight bag berupa iPad itu diklaim American Airlines bisa menghemat biaya bahan bakar karena menggantikan tas kopor seberat 15 kilogram dalam setiap armada American Airlines.

Agar iPad bisa digunakan di kokpit sebagai electronic flight bag, pemasangannya harus mendapat persetujuan dari regulator penerbangan, dalam hal ini adalah FAA (Federal Aviation Administration).

Dalam American Airlines, FAA hanya memberi izin iPad tersebut bisa digunakan di bawah ketinggian 10.000 kaki saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com