Kompas.com - 30/04/2015, 09:44 WIB
Lensa mirror telephoto NASA Jonel 100 yang dijual di eBay eBayLensa mirror telephoto NASA Jonel 100 yang dijual di eBay
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sebuah barang unik muncul di situs lelang eBay, bagian kamera film, bulan ini. Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari PetaPixel, Kamis (30/4/2015), ia adalah sebuah lensa raksasa bernama Jonel 100 buatan lembaga antariksa AS, NASA.

Lensa jenis mirror telephoto dengan focal length 2540mm dan aperture f/8 tersebut berukuran jumbo, jauh lebih besar dari kamera medium format Hasselblad yang diselipkan dalam fotonya sebagai pembanding.

Penjualnya yang berlokasi di Jerman menyebutkan bahwa lensa-lensa ini dipakai NASA untuk mengamati dan mengambil gambar peluncuran wahana-wahana antariksa seperti roket Saturn V, juga pesawat ulang-alik Challenger yang meledak saat meluncur.

“Mereka (NASA) memakai kamera film 70 mm berkecepatan tinggi seperti Photosonics 70 mm 10R dengan frame rate 125 FPS di frame berukuran 6x6,” sebut si penjual dalam deskripsi barang dagangannya itu.

“Lensa ini menganut desain Schmidt-Cassegrain dengan dua elemen field corrector untuk menghasilkan format gambar 57 mm x 57 mm,” lanjutnya.

Karena ukuran si lensa yang terbilang sangat besar, bobotnya pun ikut membengkak, mencapai kisaran 80 kg sehingga membutuhkan alat bantu untuk dipasang ke kamera.

Harganya? Si penjual menyebutkan bahwa pemilik aslinya menukar “sebuah rumah keluarga” dengan lensa Jonel 100, entah dari mana.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi di eBay ia ditawarkan dengan banderol 33.500 dollar AS atau sekitar Rp 434 juta. Tergolong “murah” dibandingkan lensa eksotik lain macam Canon EF 1200mm f/5.6L yang dijual salah satu retailer AS seharga 180.000 dollar AS atau lebih dari Rp 2 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber PetaPixel

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.