Edge, Browser Baru Pengganti Internet Explorer

Kompas.com - 30/04/2015, 10:29 WIB
Tampilan browser Edge di Windows 10 MicrosoftTampilan browser Edge di Windows 10
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Nama resmi peramban ( browser) baru sang penerus Internet Explorer telah diumumkan oleh Microsoft dalam konferensi developer Build, Rabu (29/4/2015).

Berbeda dari dugaan selama ini, nama peramban bersangkutan bukanlah "Spartan", melainkan Microsoft "Edge".

"Sebuah browser yang dibuat untuk menyelesaikan pekerjaan", bunyi slogan pemasaran baru yang dibuat Microsoft untuk Edge, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari ZDnet, Kamis (30/4/2015).

Salah satu keunikan Edge adalah ia bisa dipasangi berbagai macam plug-in extensions yang dibuat untuk peramban Firefox dan Chrome.

Browser ini menjalankan rendering engine baru bernama EdgeHTML. Karena dirancang agar "langsing" dan ringan, Edge tak lagi mendukung teknologi antik macam ActiveX.

Edge bakal disertakan sebagai browser default di perangkat-perangkat Windows 10 dan Windows Phone 10.

Untuk Windows Phone 10, ia akan menjadi satu-satunya browser yang didukung oleh sistem operasi mobile masa depan dari Microsoft itu.

Sementara, di perangkat-perangkat PC desktop, laptop, dan tablet berbasis Windows 10, Edge akan hadir berdampingan dengan browser Internet Explorer untuk menjaga kompatibilitas ke belakang.

Edge diintegrasikan dengan layanan lain dari Microsoft seperti penyimpanan berbasis cloud One Drive dan personal assistant Cortana.

Microsoft turut merilis video perkenalan Edge yang bisa disimak di bawah.



Sumber ZDNet
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X