Kompas.com - 30/04/2015, 14:29 WIB
Logo aplikasi Secret RecodeLogo aplikasi Secret
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Perusahaan rintisan digital (startup) pembuat aplikasi Secret menutup layanannya pada Rabu (29/4/2015). Penutupan layanan berbagi pesan rahasia tersebut diumumkan CEO Secret David Byttow dalam blog miliknya.

"Ini adalah keputusan paling berat dalam hidup saya dan benar-benar membuat sedih. Sayangnya, Secret kini sudah tidak mewakili visi saya saat membangun perusahaan ini dulu, jadi saya yakin keputusan ini terbaik bagi diri saya, para investor dan tim kami," tulis Byttow.

"Secret Inc. masih memiliki sejumlah modal, namun produk dan tim kami merupakan hasil pendanaan investor. Saya yakin jalan terbaik adalah mengembalikan uang itu ketimbang berusaha mencari jalan lain," imbuhnya.

Selama ini, Secret terkenal sebagai salah satu startup yang banyak dibicarakan di Sillicon Valley. Mereka bahkan sukses mengantongi pendanaan senilai 25 juta dollar AS pada Juli lalu dan memperoleh total pendanaan 35 juta dollar AS.

Saat ini, masih belum jelas alasan apa yang membuat perusahaan rintisan digital tersebut harus menutup layanannya.

Byttow dan rekannya Chrys Bader masing-masing sempat mengantongi uang 3 juta dollar AS pasca mendapatkan pendanaan di bulan Juli. Di dunia startup sendiri, seperti dikutip KompasTekno dari Recode, hal itu merupakan sesuatu yang kadang terjadi.

Nilai pembayaran yang diberikan oleh investor kepada para pendiri itu bertujuan menghindari potensi akuisisi. Kritik terhadap tindakan seperti ini adalah kemungkinannya untuk mematikan semangat entrepreneurship seiring mereka memperoleh gaji yang besar.

Masalah lain yang diderita oleh startup tersebut antara lain soal nilai pertumbuhan penggunanya pada tahun lalu justru jatuh. Jumlah pengguna aktifnya di web maupun aplikasi mobile jadi begitu rendah, bahkan tak terindeks lagi dalam Comscore.

Peristiwa lain yang terjadi adalah pengunduran diri Bader dari perusahaan rintisan digital itu. Sepeninggal pria ini, sejumlah teknisi jagoan Secret pun turut mengundurkan diri.

Secret tidak akan langsung ditutup pada hari ini. Byttow mengatakan akan menjalani proses penutupannya pelahan, yaitu dalam waktu beberapa pekan.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Recode

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.