Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebut Pasar Global, UCBrowser Terapkan "Glocal"

Kompas.com - 30/04/2015, 15:00 WIB
Sabrina Asril

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Aplikasi peramban internet UC Browser menargetkan diri menjadi mobile browser utama di negara-negara berkembang. Untuk meraih pasar internasional itu, strategi pun difokuskan pada kerja sama dengan produk lokal.

"Pasar internasional begitu besar. Maka dibutuhkan strategi untuk dapat berhasil salah satunya adalah dengan fokus pada "glocal". Kerja sama dengan produk sesuai pasar," ujar General Manager of International Business Department UCWeb Robin Su dalam acara Global Mobile Internet Conference 2015 di Beijing, Rabu (28/4/2015).

Dia mencontohkan, kerja sama dengan Facebook yang sangat populer di sejumlah negara. UC Browser membuat pemintas (shortcut) tersendiri bagi situs jejaring sosial itu. Lainnya, UC Browser juga menggandeng WeChat. WeChat saat ini menjadi aplikasi messaging terbesar di Tiongkok.

Selain itu, UC Browser juga membuat fitur tampilan tersendiri untuk tema yang dibuat sesuai dengan kesukaan pasar lokal. Di antaranya,UC-Criket dan Bollywood untuk pengguna di India, fitur Sepakbola UC (livescore) untuk pengguna di Indonesia, dan Entertainment untuk pengguna asal Rusia.

Untuk memetakan masing-masing kebutuhan dan kebiasaan setiap negara yang menjadi target UC Browser, perusahaan yang masih berada di bawah Alibaba Grup itu pun sengaja mempekerjakan pegawai lokal.

Mereka juga membuat kantor cabang seperti yang telah dilakukan di India, Amerika Serikat, dan Vietnam. UC Browser juga menggunakan strategi sebanyak-banyaknya bekerja sama dengan smartphone, seperti Samsung, HTC, Nokia, Lenovo, dan Huawei.

Saat ini, perusahaan yang dipimpin oleh Yu Yongfu tersebut sudah hadir di 150 negara dan sudah dibuat ke dalam 11 bahasa.

Robin menjelaskan bahwa UC Browser menargetkan mendominasi pasar negara-negara berkembang, seperti India dan Indonesia. Dengan keunggulan kompresi data yang maksimal, UCBrowser yakin bisa melangkah lebih jauh dengan para pesaingnya.

"Mobile internet saat ini bergerak begitu cepat. Pengguna akan beralih ke produk lain yang lebih baru. Supaya produk tak tergantikan, maka butuh produk yang sangat bagus dan tak tergantikan. Ini yang kami pegang," ucap Robin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com