Apa yang Istimewa dari Browser Penakluk Chrome?

Kompas.com - 02/05/2015, 19:12 WIB
CEO UCWeb Yu Yongfu KOMPAS.com/Sabrina AsrilCEO UCWeb Yu Yongfu
|
EditorReza Wahyudi
BEIJING, KOMPAS.com - Dua mobile browser populer di Indonesia, Opera dan Google Chrome, diklaim berhasil dikalahkan UCBrowser, salah satu produk keluaran UCWeb yang masih bagian dari Alibaba Grup.

Nama UCBrowser memang baru terdengar belakangan ini dibandingkan dua kompetitornya. Namun, pertumbuhannya kini melejit. Apa yang membuat Opera dan browser di Android keok, apa yang istimewa dari UCBrowser itu?

1. Cepat dan hemat

Salah satu yang menjadi andalan UCBrowser adalah kecepatannya mengakses situs mana pun, kecepatan mengunduh, hingga memutar lagu hingga video. Perusahaan asal Tiongkok ini mengaku berhasil menggunakan akselerasi cloud dan kompresi data yang membuat kecepatan akses melalui UCBrowser lebih cepat 20 persen dibandingkan produk mana pun.

"Jadi kami berikan layanan yang lebih baik, kita berikan data yang bisa dikompresi, data yang lebih kecil, tidak peduli apa merek smartphone-nya. Kami akan berikan data yang lebih kecil sehingga bisa memuat lebih cepat. Jadi teknologi yang bijak," ujar PR Manager UCWeb Ben Jiang kepada Kompas.com di Beijing pekan ini.

Sementara untuk mengunduh, kecepatan yang dimiliki peramban itu 60 persen lebih cepat. Menggunakan Facebook melalui UCBrowser pun lebih cepat daripada aplikasi aslinya. UCBrwoser menyebutkan kecepatannya 130 persen lebih cepat dengan melakukan optimalisasi halaman dan akselerasi.

Dengan kecepatan itu, President of Alibaba Mobile Business Group Yu Yongfu mengaku tak khawatir bisnisnya akan terganggu dengan akses internet Indonesia yang terkenal lambat dibandingkan negara-negara Asia berkembang lainnya.

"Itu menjadi kesempatan bagi kami karena kami juga berniat membuat orang terkoneksi. Indonesia sedang dalam under development status, masih dalam pengembangan. Jadi kami tidak terlalu memikirkan trafik cepat atau lambat yang penting bisa terhubung. Kami khawatirkan justru traffic jam," seloroh Yongfu.

2. Keamanan

UCBrowser juga menyebutkan aplikasinya sudah dilengkapi dengan fasilitas keamanan. Misalnya, ada layanan Malicious Sites Filter yang menghimpun daftar hitam situs-situs berbahaya.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X