Telkom Ingin Jadikan Indonesia Pusat Internet Dunia

Kompas.com - 04/05/2015, 10:43 WIB
(Kanan, berkaus putih) Direktur Network and IT Solution Telkom, Abdus Somad Arief sedang bercakap dengan Menkominfo Rudiantara di Makassar, Minggu (3/4/2015). Yoga Hastyadi/KOMPAS.com(Kanan, berkaus putih) Direktur Network and IT Solution Telkom, Abdus Somad Arief sedang bercakap dengan Menkominfo Rudiantara di Makassar, Minggu (3/4/2015).
|
EditorReza Wahyudi
MAKASSAR, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) punya sebuah cita-cita besar untuk mengubah Indonesia menjadi pusat lalu lintas internet dunia. Caranya adalah dengan menghubungkan jarigan serat optik dari Indonesia ke Eropa Barat dan Amerika Serikat.

"Kita bercita-cita jadi hub traffic internasional dengan cara connect ke Eropa Barat dan AS dari Indonesia," ujar Direktur Network and IT Solution Telkom Abdus Somad Arief di sela-sela peresmian Sistem Komunikasi Kabel Laut Luwuk Tutuyan (SKKL-LT), Minggu (3/5/2015) sore.

"Kita ini kalau bicara hub untuk traffic pesawat atau kapal laut sekarang adanya di Singapura. Tapi kita masih punya kesempatan untuk jadi hub telekomunikasi," imbuhnya.

Sambungan serat optik ke Eropa Barat akan dilakukan melalui segmen Dumai dan Timur Tengah. Untuk mewujudkan segmen ini, Telkom akan bekerja sama dengan kurang lebih 13 negara.

Sedangkan sambungan yang menuju ke Amerika Serikat (AS) dilakukan melalui Manado, Filipina, dan Guam dan melalui kerjasama dengan kurang lebih lima negara.

Penyambungan serat optik menuju dua jalur internasional itu akan dikerjakan secara berdampingan. Telkom sendiri menyiapkan dana sebesar Rp 2,4 triliun untuk proyek besar ini.

"Proyek ini baru kita inisiasi tahun ini. Nah yang segmen domestik sedang lagi diproses. Dari Manado ke AS, selesainya Insya Allah awal 2017. Sedangkan yang dari Dumai menuju Middle East ke West Europe itu akan selesai duluan pada 2016," pungkas pria yang biasa disapa Asa ini.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.