Kompas.com - 05/05/2015, 10:42 WIB
Google Aditya Panji/KompasTeknoGoogle
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Google sedang mengembangkan sebuah solusi "browsing cepat dan hemat" bagi ponsel dengan sambungan seluler yang lambat, misalnya 2G. Menariknya, untuk saat ini, pengembangan tersebut ditujukan khusus untuk pasar Indonesia.

Tidak terlalu dijelaskan secara terperinci bagaimana cara menampilkan laman secara cepat dan ringan tersebut. Dalam halaman Dukungan, Google hanya menjelaskan bahwa perusahaan tersebut melakukan transkode atau mengubah laman situs agar menjadi lebih optimal untuk jaringan lambat.

Berkat transkode tersebut, seperti KompasTekno kutip langsung dari keterangan pers, Senin (4/5/2015), Google mengklaim sebuah laman bisa dimuat dengan lebih cepat sembari menghemat data. Dalam pengujiannya selama dua minggu, Google mengaku berhasil memuat sebuah laman situs empat kali lebih cepat ketimbang biasanya dan menggunakan data 80 persen lebih sedikit.

Karena pengoptimalan dan lebih cepat, Google membeberkan bahwa tingkat kunjungan terhadap situs yang mereka uji coba berhasil meningkat hingga 50 persen.

Laman yang dioptimalkan tersebut dikatakan asih dipertahankan sebagian besar konten relevan dan menyediakan tautan bagi pengguna untuk melihat tautan aslinya.

Menurut Google, saat ini ada beberapa laman yang tidak ditranskode. Beberapa contohnya mencakup laman yang memerlukan cookie (misalnya, situs hasil personalisasi), situs video, atau situs web lain yang telah ditetapkan sebagai tantangan teknis terhadap transkode.

Sementara itu, bagi pemilik yang tidak ingin ditranskode situsnya, ia hanya perlu mengatur beberapa pengaturan singkat di bagian header. Setelah header ini dilihat Googlebot, laman tidak akan ditranskode.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini, transkode hanya bisa dilihat di peramban Chrome mobile dan peramban bawaan Android. Itupun masih sebatas pengujian belaka. Fitur tersebut pun hanya akan bekerja apabila mendeteksi adanya jaringan yang lambat.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.