Aturan Kandungan Lokal Ponsel 4G Bisa Naik Lagi

Kompas.com - 05/05/2015, 14:21 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Rudiantara meresmikan proyek pemasangan kabel serat optik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang menghubungkan Luwuk, Sulawesi Tengah dengan wilayah Tutuyan, Sulawesi Utara. Peresmian dilakukan di Makassar, Minggu (3/5/2015). Yoga Hastyadi/Kompas.comMenteri Komunikasi dan Informatika Indonesia Rudiantara meresmikan proyek pemasangan kabel serat optik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang menghubungkan Luwuk, Sulawesi Tengah dengan wilayah Tutuyan, Sulawesi Utara. Peresmian dilakukan di Makassar, Minggu (3/5/2015).
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Pembahasan mengenai aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sudah masuk ke tahap konsultasi publik. Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia (Menkominfo) Rudiantara memperkirakan tahap tersebut bisa selesai pada Juni mendatang.

"Kami sudah rapat dan draft Peraturan Menteri sudah dikeluarkan. Semua yang berkepentingan bisa memberi jawaban soal draft tersebut. Ini  mudah-mudahan bisa selesai bulan Juni," ujar Rudiantara usai peresmian Sistem Komunikasi Kabel Laut Luwuk Tutuyan (SKKL-LT), Minggu sore.

"Rencananya TKDN handset 4G dinaikkan menjadi minimal 30 persen, sedangkan untuk perangkat network minimal 40 persen. Persentase ini sudah memperhitungkan kemampuan produksi dalam negeri," imbuhnya.

Kenaikan persentase yang telah disebutkan di atas akan dilakukan dalam rentang waktu dua tahun setelah Peraturan Menteri mengenai TKDN berlaku. Rudiantara pun memberikan catatan, kenaikan tersebut tetap mempertimbangkan kondisi para produsen dalam dan luar negeri.

"Kalau nanti suatu saat di-review lagi sudah sanggup lebih, ya kita naikan lagi, tapi pelan-pelan. Ini cara kita mengembangkan kemampuan dalam negeri," terang menteri yang akrab disapa Chief RA ini.

Naskah mengenai aturan TKDN kini sudah diunggah ke web resmi Kominfo dan dapat diunduh oleh siapapun yang memerlukannya.

Sebelumnya, sejumlah produsen telah menyanggupi rencana pemerintah menaikkan TKDN tersebut. Antara lain, Lenovo, Asus, Oppo dan Samsung telah mempersiapkan diri untuk menyambut peraturan baru ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X