Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Boyong PC Seukuran Flashdisk ke Indonesia

Kompas.com - 05/05/2015, 16:03 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Intel Indonesia memamerkan komputer seukuran flash disk, yang disebut dengan Intel Compute Stick dalam acara Intelligent Generations yang diselenggarakan di Jakarta hari ini, Selasa (5/5/2015).

"Ini adalah full computer dengan sistem operasi Windows 8.1 di dalamnya, hanya seukuran dua ibu jari," ujar Hermawan Sutanto, Channel Sales Director Intel Indonesia.

Menurut Hermawan, dengan Compute Stick ini semua rumah bisa memiliki komputer, yang dibutuhkan hanya layar dengan koneksi HDMI saja.

"Setiap rumah belum tentu ada komputer, tapi di kebanyakan rumah pasti ada TV-nya, Intel ingin membuat setiap layar bisa digunakan untuk komputasi dan terhubung," ujar Hermawan.

Dengan Compute Stick, Intel menyasar pengguna dari segmen home entertainment, digital signage, computer on the go, serta keburuhan komputer thin client.

"Selama ada koneksi HDMI-nya, (monitor) bisa dijadikan komputer di mana saja," kata Hermawan.

Dari segi hardware, Compute Stick mengusung prosesor quad core Intel Atom, memori RAM 2 GB, penyimpanan internal 32 GB dengan fitur WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0 untuk koneksi mouse dan keyboard, serta slot microSD.

Compute Stick membutuhkan sumber daya eksternal dari port USB. Namun, karena kebanyakan TV saat ini ampere-nya belum cukup kuat, maka menurut Hermawan, Intel akan menyediakan adaptor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com