Intel Boyong PC Seukuran Flashdisk ke Indonesia

Kompas.com - 05/05/2015, 16:03 WIB
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Intel Indonesia memamerkan komputer seukuran flash disk, yang disebut dengan Intel Compute Stick dalam acara Intelligent Generations yang diselenggarakan di Jakarta hari ini, Selasa (5/5/2015).

"Ini adalah full computer dengan sistem operasi Windows 8.1 di dalamnya, hanya seukuran dua ibu jari," ujar Hermawan Sutanto, Channel Sales Director Intel Indonesia.

Menurut Hermawan, dengan Compute Stick ini semua rumah bisa memiliki komputer, yang dibutuhkan hanya layar dengan koneksi HDMI saja.

"Setiap rumah belum tentu ada komputer, tapi di kebanyakan rumah pasti ada TV-nya, Intel ingin membuat setiap layar bisa digunakan untuk komputasi dan terhubung," ujar Hermawan.

Dengan Compute Stick, Intel menyasar pengguna dari segmen home entertainment, digital signage, computer on the go, serta keburuhan komputer thin client.

"Selama ada koneksi HDMI-nya, (monitor) bisa dijadikan komputer di mana saja," kata Hermawan.

Dari segi hardware, Compute Stick mengusung prosesor quad core Intel Atom, memori RAM 2 GB, penyimpanan internal 32 GB dengan fitur WiFi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0 untuk koneksi mouse dan keyboard, serta slot microSD.

Compute Stick membutuhkan sumber daya eksternal dari port USB. Namun, karena kebanyakan TV saat ini ampere-nya belum cukup kuat, maka menurut Hermawan, Intel akan menyediakan adaptor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.