Mengejutkan, Hasil Uji Ribuan Aplikasi Android Gratis

Kompas.com - 06/05/2015, 10:13 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com – Sebuah penelitian perihal aplikasi gratis yang dilakukan sebuah perusahaan asal Perancis membeberkan sebuah data yang mencengangkan.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kebanyakan aplikasi Android gratis yang diuji secara diam-diam menghubungkan perangkat pengguna ke ratusan hingga ribuan situs luar secara sekaligus.

Adalah perusahaan riset bernama Eurocom yang membeberkan hasil pengujian tersebut. Tim penguji dari perusahaan tersebut mengklaim telah menguji sekitar 2.000 aplikasi gratis Android dari kategori 25 aplikasi terbaik di Google Play Store.

Kemudian, dari ribuan aplikasi yang diuji, Eurocom memantau alur lalu lintas web yang berjalan. Hasilnya sangat mengejutkan, 2.000 aplikasi tersebut ternyata terhubung langsung ke sekitar 250.000 tautan di internet.

Terhubung ke situs iklan

Seperti KompasTekno kutip dari ZDnet, Selasa (5/5/2015), ada beberapa jenis situs yang terhubung ke aplikasi gratis tersebut.

Salah satunya adalah situs berbasis iklan. Meskipun begitu, aplikasi gratis yang terhubung ke situs iklan sebenarnya merupakan praktik yang wajar. Pasalnya, dari situlah pengembang aplikasi mendapatkan pendapatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk mendapatkan data iklan tersebut, aplikasi gratis ini memang harus menghubungkan dirinya dengan berbagai situs yang ada di seluruh jagat dunia maya.

Dari hasil pengujian, diketahui sebuah aplikasi bisa terhubung dari ratusan hingga ribuan situs web. Eurocom mengambil contoh sebuah aplikasi untuk mengatur equaliser musik bernama Music Volume EQ. Menurut pihak tersebut, aplikasi tersebut terhubung ke sekitar 2.000 tautan.

Situs pengepul data

Halaman:


Sumber ZDNet

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.