Lenovo Thinkpad X250 Pakai 2 Baterai Sekaligus

Kompas.com - 06/05/2015, 14:50 WIB
 Lenovo merilis versi baru dari laptop seri Thinkpad X250 di Indonesia, Rabu (6/4/2015). Deliusno/KOMPAS.com Lenovo merilis versi baru dari laptop seri Thinkpad X250 di Indonesia, Rabu (6/4/2015).
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Bersamaan dengan perayaan 10 tahun akuisisi divisi PC IBM, Lenovo merilis versi baru dari laptop seri Thinkpad X250 di Indonesia, Rabu (6/4/2015).

Thinkpad X250 memiliki kelebihan dari segi baterai, baik dalam kualitas maupun kuantitas. Laptop yang dibekali dengan dua baterai ini dapat hidup selama 20 jam nonstop hanya dalam satu kali pengisian baterai secara penuh.

‎"Penggunanya saja sudah capai bekerja, tetapi laptopnya masih bisa bekerja. Kalau seperti terbang saja, dari Jakarta ke Dubai butuh waktu 8 jam. Berarti laptop ini masih bisa hidup meski pengguna sudah pulang pergi dari Jakarta ke Dubai," ujar Key Account Lead PT Lenovo Indonesia Sandy Lumy di saat peluncuran di Jakarta.

Menurut Azis Wonosari, Technical Manager, Consumer Business Group PT Lenovo Indonesia, di saat yang tidak jauh berbeda, kemampuan tersebut bisa terjadi karena Thinkpad X250 dilengkapi dengan sebuah fitur bernama Power Bridge.

Pada dasarnya, Lenovo membagi dua baterai yang ada di Thinkpad X250, satu baterai diletakkan menyatu dengan perangkat dan satu baterai sisanya berada di luar (bisa dibongkar pasang) seperti baterai laptop pada umumnya.

Menariknya, apabila baterai eksternal dicabut, baterai yang ada di bagian tubuh perangkat ini akan langsung mengambil alih. Artinya, pengguna tidak perlu khawatir lagi, apabila baterai eksternal tidak secara sengaja tercabut.

"Di bagian internal bisa dilengkapi baterai 3 cell. Sementara itu, di bagian eksternal bisa dilengkapi baterai antara 3 atau 6 cell," ujar Azis.

‎Sebenarnya, laptop yang satu ini‎ sudah pernah diperkenalkan pada tahun 2014 lalu. Nantinya, Thiknpad X250 versi baru ini bakal hadir dengan peningkatan prosesor, mengikuti pembaruan seri prosesor buatan Intel.

"Dari segi jeroan, Thinkpad X250 sudah dilengkapi prosesor Intel Core generasi kelima (Broadwell)," kata Azis.

Lenovo Thinkpad X250 hadir dengan layar berbentang 12,5 inci. Ia ditujukan untuk segmen enterprise.

Laptop ini disebut sebagai Road Warrior atau Pejuang Jalanan oleh Lenovo. Oleh karena itu, perusahaan asal Tiongkok ini menggunakan desain perangkat yang cukup portabel. Ia memiliki ketebalan hanya 20,3 mm dan bobot 1,39 kg.

Kelebihan dari perangkat Lenovo adalah diizinkannya pengguna untuk mengatur sendiri spesifikasi yang diinginkannya. Selain prosesor Intel Core generasi ke-5, pengguna juga bisa memilih media penyimpanan SSD atau HDD hingga 1 TB.

Thinkpad X250 dijual dengan harga yang cukup tinggi di Tanah Air. Produk dengan spesifikasi paling standar dibanderol mulai Rp 19 juta, dengan satu baterai. Apabila pengguna ingin menggunakan fitur Power Bridge, harganya akan lebih tinggi dari harga standar itu.

"Namun harganya tidak berbeda terlalu jauh," tutup Azis, tanpa membeberkan harga pastinya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.