Perdana Menteri Pamer Kemampuan "Coding" di Facebook

Kompas.com - 06/05/2015, 15:21 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dua pekan lalu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengungkap ambisi Singapura untuk menjadi Smart Nation pertama di dunia. Perkataan itu ia sampaikan dalam sebuah forum yang dihadiri para pemimpin industri teknologi di Singapura.

Dilaporkan e27 dan dihimpun KompasTekno, Rabu (6/5/2015), dalam kesempatan itu PM Lee juga melontarkan guyonan. Ia mengatakan dirinya telah menemukan kode untuk memenangkan permainan Sudoku.

Pernyataan itu menarik perhatian warga negara Singapura secara meluas. Menanggapi ini, PM Lee mengunggah kode yang ia maksud ke akun Facebook pribadinya.

"Program komputer terakhir yang saya ciptakan adalah pemecah Sudoku, ditulis dalam kode C++ beberapa tahun lalu. Ini sumber kodenya, file .exe dan contoh lampirannya," ia menjelaskan.

e27 Potongan kode permainan Sudoku yang dibuat PM Singapura

PM Lee memang pernah mengenyam pendidikan ilmu komputer. Anak sulung PM pertama Singapura Lee Kuan Yew ini mengatakan, kode pemrograman yang ia buat untuk Sudoku sebenarnya sangat sederhana.

"Ini berjalan pada sistem operasi DOS . Anda hanya perlu mengetik data baris demi baris, maka hasilnya akan mencetak solusi, tahapan program mengambil solusi, dan beberapa statistik pencarian," begitu tertera pada keterangan unggahan foto di akun Facebook PM Lee.

Menambah euforia netizen terhadap kode ciptaannya, PM Lee mengajukan trivia bagi mereka yang tertarik dalam pemrograman. "Jika X biner adalah integer, apa hasil komputasi x dan -x?".

Trivia tersebut juga dilakukan untuk memicu para developer memberi PM Lee respon atas kodenya. Apakah kode tersebut tersemat banyak bug atau tidak.

Unggahan Facebook PM Lee hingga kini telah mengumpulkan sekitar 42.000 jempol netizen. Tak kurang dari 14.000 netizen membagi unggahan itu ke linimasa akun masing-masing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber e27
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.