Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perdana Menteri Pamer Kemampuan "Coding" di Facebook

Kompas.com - 06/05/2015, 15:21 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber e27

KOMPAS.com - Dua pekan lalu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengungkap ambisi Singapura untuk menjadi Smart Nation pertama di dunia. Perkataan itu ia sampaikan dalam sebuah forum yang dihadiri para pemimpin industri teknologi di Singapura.

Dilaporkan e27 dan dihimpun KompasTekno, Rabu (6/5/2015), dalam kesempatan itu PM Lee juga melontarkan guyonan. Ia mengatakan dirinya telah menemukan kode untuk memenangkan permainan Sudoku.

Pernyataan itu menarik perhatian warga negara Singapura secara meluas. Menanggapi ini, PM Lee mengunggah kode yang ia maksud ke akun Facebook pribadinya.

"Program komputer terakhir yang saya ciptakan adalah pemecah Sudoku, ditulis dalam kode C++ beberapa tahun lalu. Ini sumber kodenya, file .exe dan contoh lampirannya," ia menjelaskan.

e27 Potongan kode permainan Sudoku yang dibuat PM Singapura

PM Lee memang pernah mengenyam pendidikan ilmu komputer. Anak sulung PM pertama Singapura Lee Kuan Yew ini mengatakan, kode pemrograman yang ia buat untuk Sudoku sebenarnya sangat sederhana.

"Ini berjalan pada sistem operasi DOS . Anda hanya perlu mengetik data baris demi baris, maka hasilnya akan mencetak solusi, tahapan program mengambil solusi, dan beberapa statistik pencarian," begitu tertera pada keterangan unggahan foto di akun Facebook PM Lee.

Menambah euforia netizen terhadap kode ciptaannya, PM Lee mengajukan trivia bagi mereka yang tertarik dalam pemrograman. "Jika X biner adalah integer, apa hasil komputasi x dan -x?".

Trivia tersebut juga dilakukan untuk memicu para developer memberi PM Lee respon atas kodenya. Apakah kode tersebut tersemat banyak bug atau tidak.

Unggahan Facebook PM Lee hingga kini telah mengumpulkan sekitar 42.000 jempol netizen. Tak kurang dari 14.000 netizen membagi unggahan itu ke linimasa akun masing-masing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com