Kompas.com - 06/05/2015, 16:17 WIB
Lenovo ReutersLenovo
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Malware "Superfish" yang ditemukan pada Februari lalu sempat membuat geger para pemilik PC Lenovo. Lenovo pun telah sudah merilis software tambalan (patch) terhadap lubang keamanan tersebut.

Setelah "Superfish" teratasi, lubang keamanan lain kembali terdeteksi. Adalah firma keamanan IOActive yang menemukan lubang keamanan lain dalam update sistem dari PC dan laptop Lenovo.

Lubang keamanan itu dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (5/5/2015), terdapat dalam update sistem Lenovo versi 5.6.0.27 dan versi-versi sebelumnya.

Dijelaskan oleh IOActive, lubang keamanan tersebut memungkinkan peretas mem-bypass pengecekan validasi, mengganti program bawaan Lenovo dengan software berbahaya, serta menjalankan perintah dari tempat yang jauh.

Peretas juga disebut IOActive bisa membuat sertifikat otoritas palsu untuk melakukan perintah eksekusi program, sehingga software-software tidak resmi bisa berjalan seolah menjadi resmi dari Lenovo.

Sebelumnya, malware Superfish diketahui sempat menyusup di dalam beberapa versi PC Lenovo pada Februari lalu. Malware yang berupa adware tersebut berfungsi untuk menyuntikkan iklan ke laman web yang dibuka pengguna PC Lenovo.

Lenovo telah merilis patch terhadap bug tersebut, namun pengguna harus mengunduh security update itu sendiri.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.