Kompas.com - 06/05/2015, 18:19 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google mengumumkan beberapa pembaruan pada AdWords. Platform layanan iklan online tersebut kini lebih fokus menjamah para pengguna perangkat mobile ketimbang desktop.

Dilansir KompasTekno, Rabu (6/5/2015) dari VentureBeat, tampilan baru iklan-iklan yang disajikan Adwords bakal lebih mudah dijangkau dengan jari ketimbang mouse.

Langkah ini diharapkan dapat menggoda pengguna gadget untuk lebih sering membuka iklan dari AdWords di manapun dan kapanpun.

"Berdasarkan respon dan saran dari pengguna terkait cara yang sering dilakukan untuk mencari informasi, kami menggodok pengalaman baru dalam beriklan dengan desain yang lebih menarik," kata Vice President AdWords Jerry Dischler.

Perlu diketahui, AdWords merupakan salah satu pencetak uang utama bagi Google. Layanan ini ditujukan bagi perusahaan yang ingin memasarkan produknya lewat internet.

Dengan berlangganan AdWords, informasi merek tertentu akan muncul di hasil pencarian pengguna Google. Tentu, selama kata kunci pencarian sesuai dengan kata kunci setelan pengiklan.

Diharapkan, pembaruan AdWords dengan format yang ramah gadget, mampu meningkatkan jumlah pengiklan dan pengakses. Mengingat, penetrasi ponsel pintar dan tablet saat ini sangat masif.

AdWords juga telah meriset kebiasaan penggunanya di beberapa negara. Hasilnya, pengguna di 10 negara lebih banyak mengakses AdWords dari perangkat mobile daripada PC. Termasuk dalam jejeran negara-negara tersebut adalah AS dan Jepang, dua negara yang unggul pada spektrum teknologinya.

Salah satu contoh implementasi pembaruan AdWords dapat dilihat pada pengiklan mobile. Kini, pemilik produk dapat menyematkan foto-foto di kolom pencarian. Hanya dengan menekan gambar itu dengan jari, pengguna Google bisa mengetahui informasi detil terkait mobil yang diiklankan. Adapula tautan ke informasi dealer untuk memudahkan pengguna mencari outlet terdekat yang menyediakan mobil tersebut.

Maret lalu, Google juga menelurkan format baru untuk iklan hotel. Raksasa mesin pencari tersebut menyediakan daftar harga real-time. Selain itu, pengguna juga dapat memesan kamar secara langsung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.