Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan Google Kini Fokus "Menggoda" Jari

Kompas.com - 06/05/2015, 18:19 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Google mengumumkan beberapa pembaruan pada AdWords. Platform layanan iklan online tersebut kini lebih fokus menjamah para pengguna perangkat mobile ketimbang desktop.

Dilansir KompasTekno, Rabu (6/5/2015) dari VentureBeat, tampilan baru iklan-iklan yang disajikan Adwords bakal lebih mudah dijangkau dengan jari ketimbang mouse.

Langkah ini diharapkan dapat menggoda pengguna gadget untuk lebih sering membuka iklan dari AdWords di manapun dan kapanpun.

"Berdasarkan respon dan saran dari pengguna terkait cara yang sering dilakukan untuk mencari informasi, kami menggodok pengalaman baru dalam beriklan dengan desain yang lebih menarik," kata Vice President AdWords Jerry Dischler.

Perlu diketahui, AdWords merupakan salah satu pencetak uang utama bagi Google. Layanan ini ditujukan bagi perusahaan yang ingin memasarkan produknya lewat internet.

Dengan berlangganan AdWords, informasi merek tertentu akan muncul di hasil pencarian pengguna Google. Tentu, selama kata kunci pencarian sesuai dengan kata kunci setelan pengiklan.

Diharapkan, pembaruan AdWords dengan format yang ramah gadget, mampu meningkatkan jumlah pengiklan dan pengakses. Mengingat, penetrasi ponsel pintar dan tablet saat ini sangat masif.

AdWords juga telah meriset kebiasaan penggunanya di beberapa negara. Hasilnya, pengguna di 10 negara lebih banyak mengakses AdWords dari perangkat mobile daripada PC. Termasuk dalam jejeran negara-negara tersebut adalah AS dan Jepang, dua negara yang unggul pada spektrum teknologinya.

Salah satu contoh implementasi pembaruan AdWords dapat dilihat pada pengiklan mobile. Kini, pemilik produk dapat menyematkan foto-foto di kolom pencarian. Hanya dengan menekan gambar itu dengan jari, pengguna Google bisa mengetahui informasi detil terkait mobil yang diiklankan. Adapula tautan ke informasi dealer untuk memudahkan pengguna mencari outlet terdekat yang menyediakan mobil tersebut.

Maret lalu, Google juga menelurkan format baru untuk iklan hotel. Raksasa mesin pencari tersebut menyediakan daftar harga real-time. Selain itu, pengguna juga dapat memesan kamar secara langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com