Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerus Lollipop, Android M Muncul Akhir Mei?

Kompas.com - 07/05/2015, 09:06 WIB
Oik Yusuf

Penulis


KOMPAS.com - Android kini telah mencapai revisi kelima dengan sebutan "Lollipop". Tak lama lagi, sistem operasi besutan Google itu bakal mencapai revisi berikutnya pada akhir bulan ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh bocoran jadwal konferensi Google I/O yang beredar di internet. Salah satu sesi diskusi di dalamnya, sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari ArsTechnica, Kamis (7/5/2015), secara spesifik menyebutkan nama "Android M".

Konferensi tahunan Google I/O pada 2015 ini akan digelar pada tanggal 28-29 Mei mendatang.

Versi sistem operasi Android memang disusun berdasarkan urutan alfabet. Android 5.0, misalnya, dikenal sebagai "Android L" sebelum diberi julukan resmi Lollipop.

Belum diketahui apa sebutan untuk "Android M". Yang jelas, nama sistem operasi Android selama ini diambil dari nama-nama makanan seperti "Donut", "Eclair", dan "Kitkat".

ArsTechnica Bocoran jadwal konferensi Google I/O pada akhir Mei 2015 yang menyebutkan nama Android M

Belum banyak informasi lain yang diketahui mengenai Android M. Bocoran jadwal Google I/O hanya menyebutkan bahwa Android M "akan membawa kekuatan Android ke segala jenis tempat kerja".

Boleh jadi, Google berniat memboyong Android ke lingkungan korporasi, seperti yang dilakukannya di ponsel, tablet, TV, dan belakangan mobil.

Jadwal diskusi Android M kini telah dihilangkan oleh Google, kemungkinan setelah menyadari kebocoran yang terjadi. Tapi sebuah screenshot kadung diambil sebagaimana bisa dilihat di atas.

Di samping Android M, menurut bocoran jadwal, Google akan turut menggelar diskusi mengenai sejumlah topik lain, termasuk tentang Voice Access, foto satelit, dan wearable device.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com