Kompas.com - 07/05/2015, 13:05 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Lama dinanti, Oculust Rift versi konsumer akhirnya sudah mendapatkan jadwal peluncuran. Perangkat berbasis virtual reality (VRr) tersebut akan mulai dijual di toko-toko pada kuartal pertama tahun 2016 mendatang.

Waktu peluncuran tersebut diumumkan langsung oleh pihak Oculus VR, perusahaan pembuat Oculus Rift, melalui akun resmi Twitter-nya.

"Kami sangat gembira untuk mengumumkan bahwa Rift akan dikirim ke konsumen pada kuartal pertama 2016," tulis akun Twitter @oculus.

Bentuk akhir dari perangkat tersebut nantinya akan tidak jauh berbeda dari prototipe Rift teranyar. Pihak Oculus sendiri menamakan desain tersebut sebagai Crescent Bay.

Seperti KompasTekno kutip dari The Verge, Kamis (7/5/2015), desain Crescent Bay menggunakan dua layar kecil, sebuah kamera pendeteksi gerakan, dan software untuk menciptakan suasana seperti 3D.

Sayangnya, Oculus belum mau membeberkan detail mengenai fitur dan hardware yang akan digunakan versi konsumer dari Rift ini. Perusahaan yang kini sudah dimiliki oleh Facebook tersebut berjanji untuk menghadirkan detail mengenai produk tersebut pekan depan.

"Dalam minggu depan, kami akan membeberkan detail mengenai hardware, software, input, dan banyak hal lain terkait dengan pengalaman bermain game dengan vr yang akan diusung oleh Rift," tulis Oculus.

Harga dari Rift versi retail belum dibeberkan oleh Oculus. Selama ini, versi purnarupa perangkat tersebut dijual dengan harga 350 dollar AS atau sekitar Rp 4,6 juta.

Oculus sendiri berjanji untuk menjual perangkat versi konsumer dengan harga tidak terlalu jauh dari itu, yakni antara 200 hingga 400 dollar AS.

Kehadiran Oculus Rift sendiri sudah sangat dinanti-nanti. Proyek pengembangan produk tersebut sudah dimulai pada tahun 2012 lalu melalui layanan crowdfunding Kickstarter.

Pada perkembangannya, proyek headset vr milik Oculus ini berhasil minat berbagai perusahaan besar. Pada akhirnya, Oculus setuju untuk diakuisisi Facebook dengan mahar sejumlah 2 miliar dollar AS (sekitar Rp 22,8 triliun) pada pertengahan tahun 2014 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.