Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Bakal Dirikan Data Center Baru di Balikpapan

Kompas.com - 09/05/2015, 17:56 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata saat ini memiliki tiga data center yang dikomersilkan di Jakarta, Surabaya dan Pekanbaru. Selanjutnya, perusahaan telekomunikasi ini berniat membangun satu data center baru dengan luas sekitar 600 meter persegi di Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Saat ini totalnya kita punya data center sekitar 12.600 meter persegi, dengan pembangunan data center di Balikpapan nantinya akan jadi 12.900 meter persegi. Data center baru itu rencananya selesai tahun ini," terang Chief Digital Service Officer XL Yessie D. Yosetya di Jakarta, Jumat (8/5/2015).

Pemilihan lokasi data center baru itu atas pertimbangan letaknya yang bebas dari jalur gunung berapi dan gempa. Selain itu, menurut Yessie wilayah sekitar lokasi tersebut merupakan pasar potensial dan belum banyak digarap, diantaranya berupa usaha kecil menengah (UKM).

XL saat ini telah memiliki 130 klien untuk usaha solusi TI yang memanfaatkan data center tersebut. Dari total pelanggan itu, 65 persennya merupakan UKM. Rencana tahun ini, mereka berniat menambah total pelanggannya menjadi 250 klien.

"Kami percaya diri menggarap pasar TI, baik untuk korporasi atau UKM. Untuk UKM kita masih studi untuk fokus ke 17 kota, tentunya termasuk kota besar," terang Yessie.

Cloud & Datacenter Senior Manager XL Meis Musida menambahkan layanan data center yang ditawarkan XL dibekali sejumlah kemudahan, terutama bagi usaha kecil menengah yang baru beralih ke teknologi tersebut.

"User Interface (UI) kami buat mudah dengan pertimbangan pemakainya bukan orang TI. Untuk usaha e-commerce misalnya, mereka cukup memasukkan foto dan mengatur harganya saja. Harganya pun terjangkau, hosting kami mulai dari Rp 65 ribu hingga Rp 220 ribu per bulan," terangnya.

Sertifikasi Internasional

Yessie juga menambahkan, XL tidak cuma sekadar menawarkan data center saja. Seluruh data center XL yang dikomersilkan itu juga dibekali dengan sertifikasi sebagai bukti kinerjanya.

"Kami punya 3 sertifikasi internasional untuk data center ini. Pertama adalah sertifikasi TIER III yang melihat uptime atau seberapa sering down," terangnya.

"Kemudian ada ISO/IC 27001 yang terkait dengan keamanan data center dan biasanya diperlukan untuk aplikasi yang terkait finansial. lalu ISO/IEC 20000-1 untuk soal Information Technology Services Management," pungkas Yessie.

Selain soal sertifikasi, XL mengklaim data center tersebut punya fasilitas berstandar internasional. Misalnya fasilitas keamanan berupa ratusan kamera pengawas serta fire suppression system yang ditempatkan pada setiap lantai dan dapat beroperasi secara manual atau otomatis.

Fasilitas pendingin di dalamnya pun disesuaikan dengan standar Redundant Precision Air Conditioning, lengkap dengan alat untuk memonitor suhu dan kelembaban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com