CHIP, Komputer Mini Seharga Rp 120 Ribuan

Kompas.com - 10/05/2015, 10:49 WIB
|
EditorDeliusno
KOMPAS.com - Komputer berukuran kecil semakin banyak diproduksi. Setelah Raspberry Pi dan Intel Compute Stick, kini perusahaan rintisan digital Next Thing Co. memperkenalkan komputer yang lebih kecil dari telapak tangan, disebut CHIP.

Perangkat tersebut menurut pembuatnya, diklaim menjadi komputer pertama di dunia dengan banderol harga 9 dollar AS atau sekitar Rp 120.000.

Dikutip KompasTekno dari Slashgear, Minggu (10/5/2015), meski berukuran kecil dan sangat terjangkau, CHIP dapat digunakan sebagai komputer reguler. Pengguna bisa langsung menghubungkannya dengan keyboard, mouse, monitor, dan power supply, sama seperti perangkat PC pada umumnya.

Terdapat pula media penyimpanan onboard, sehingga pengguna bisa membuat dan menyimpan dokumen, atau bermain game dengan CHIP.

CHIP memiliki spesifikasi prosesor 1 GHz, RAM 512 MB, dan kapasitas penyimpanan sebesar 4 GB. Dari segi konektivitas, terdapat Bluetooth 4.0, dan WiFi 802.11 b/g/n.

Next Thing Co. menyertakan beberapa aplikasi seperti VLC player, GIMP, Libre Office, Audacity, dan software-software populer lain.

Terdapat aksesori Pocket CHIP yang menambah layar ukuran 4,3 inci, keyboard QWERTY, dan baterai yang bisa dipakai selama 5 jam.

Next Thing Co. saat ini sedang menggalang dana di situs Kicstarter.com. Target pendanaan yang ingin dicapai ialah 50.000 dollar AS, namun saat ini pendanaan telah mencapai lebih dari 300.000 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SlashGear

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.