Kompas.com - 11/05/2015, 08:38 WIB
Huawei ReutersHuawei
Penulis Deliusno
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Smartphone seri Nexus berikutnya dikabarkan tidak akan dikerjakan oleh Motorola lagi. Google dikatakan telah menunjuk vendor asal Tiongkok, Huawei, untuk mengerjakan proyek tersebut.

Informasi perihal Nexus ini dilansir oleh perusahaan analis TI asal Tiongkok bernama Pan Jiutang. Rumor tersebut disebarkan ke situs linimasa Weibo.

Meski belum diketahui kebenaran dari rumor tersebut, seperti dikutip KompasTekno dari PhoneArena, Senin (11(5/2015), firma tersebut sudah membocorkan spesifikasi yang katanya bakal digunakan Huawei untuk Nexus generasi selanjutnya.

Menurut mereka, Nexus yang akan datang itu bakal menggunakan layar OLED dengan bentang 5,7 inci buatan Samsung. Layar tersebut nantinya mendukung resolusi 2.560 x 1.440 piksel.

Meski biasanya perangkat Huawei menggunakan prosesor Kirin, Nexus tersebut dikatakan akan menggunakan SoC buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 810.

Selain itu, masih belum ada begitu banyak bocoran informasi lainnya yang dibeberkan oleh Pan Jiutang.

Sebelum Huawei, selama ini juga beredar kabar yang menyebutkan Google akan kembali menunjuk LG untuk mengerjakan Huawei.  Sebelumnya, LG ditunjuk oleh Google untuk mengerjakan dua seri Nexus, yakni Nexus generasi 4 dan 5.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, Google menunjuk Motorola (yang kala itu masih dimilikinya) untuk mengembangkan Nexus 6. Pada perkembangannya, Motorola diakuisisi oleh perusahaan asal Tiongkok, Lenovo.

Adapun perusahaan lain yang pernah mengerjakan Nexus adalah HTC (Nexus One) dan Samsung (Nexus S dan Galaxy Nexus).Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.