Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Google Nexus Buatan Huawei?

Kompas.com - 11/05/2015, 08:38 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com - Smartphone seri Nexus berikutnya dikabarkan tidak akan dikerjakan oleh Motorola lagi. Google dikatakan telah menunjuk vendor asal Tiongkok, Huawei, untuk mengerjakan proyek tersebut.

Informasi perihal Nexus ini dilansir oleh perusahaan analis TI asal Tiongkok bernama Pan Jiutang. Rumor tersebut disebarkan ke situs linimasa Weibo.

Meski belum diketahui kebenaran dari rumor tersebut, seperti dikutip KompasTekno dari PhoneArena, Senin (11(5/2015), firma tersebut sudah membocorkan spesifikasi yang katanya bakal digunakan Huawei untuk Nexus generasi selanjutnya.

Menurut mereka, Nexus yang akan datang itu bakal menggunakan layar OLED dengan bentang 5,7 inci buatan Samsung. Layar tersebut nantinya mendukung resolusi 2.560 x 1.440 piksel.

Meski biasanya perangkat Huawei menggunakan prosesor Kirin, Nexus tersebut dikatakan akan menggunakan SoC buatan Qualcomm, yakni Snapdragon 810.

Selain itu, masih belum ada begitu banyak bocoran informasi lainnya yang dibeberkan oleh Pan Jiutang.

Sebelum Huawei, selama ini juga beredar kabar yang menyebutkan Google akan kembali menunjuk LG untuk mengerjakan Huawei.  Sebelumnya, LG ditunjuk oleh Google untuk mengerjakan dua seri Nexus, yakni Nexus generasi 4 dan 5.

Setelah itu, Google menunjuk Motorola (yang kala itu masih dimilikinya) untuk mengembangkan Nexus 6. Pada perkembangannya, Motorola diakuisisi oleh perusahaan asal Tiongkok, Lenovo.

Adapun perusahaan lain yang pernah mengerjakan Nexus adalah HTC (Nexus One) dan Samsung (Nexus S dan Galaxy Nexus).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com