Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Nama Steve Jobs Laku Rp 130 Juta

Kompas.com - 12/05/2015, 11:14 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.com — Apa pun yang berkaitan dengan almarhum pendiri Apple, Steve Jobs, agaknya bisa ditukar dengan sejumlah besar uang, termasuk kartu namanya.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Cnet, Senin (12/5/2015), tiga potong kartu nama Steve Jobs pada akhir minggu lalu laku terjual dengan harga 10.050 dollar AS atau lebih dari Rp 130 juta.

Nilai itu lebih kurang setara dengan 15 iPhone baru. Dengan kata lain, satu kartu nama Steve Jobs bisa ditukar dengan 5 iPhone.

Kartu-kartu nama tersebut terjual melalui sebuah lelang yang digelar sekolah swasta Marin School di California, AS, sebagai bagian dari acara pengumpulan dana tahunan.

Ketiga kartu nama disumbangkan oleh orangtua seorang siswa. Keluarga ini kebetulan memiliki usaha katering yang pernah disewa selama bertahun-tahun oleh Jobs.

The Marin School Tiga kartu nama Steve Jobs yang terjual dengan harga Rp 130 juta

Salah satu kartu nama berasal dari masa ketika Jobs menjabat sebagai presiden di perusahaan komputer NeXT yang didirikannya setelah sempat keluar dari Apple. Dua kartu lainnya dari masa ketika dia mengisi posisi chairman di Apple dan Pixar.

Lalu, siapakah pembeli yang merogoh kocek ratusan juta demi memperoleh kartu nama Steve Jobs? Ia adalah Tim Knowles, pendiri sekaligus CEO Stacks, startup asal Australia yang produknya berupa jasa sharing kartu nama secara digital lewat aplikasi iPhone.

Knowles ingin memajang kartu-kartu nama tersebut di kantor sebagai inspirasi untuk para pegawai.

Sebelumnya, dia sudah mendapat ratusan kartu nama lain, termasuk milik Steve Wozniak yang menjadi rekanan Steve Jobs ketika mendirikan Apple.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com