Kompas.com - 12/05/2015, 11:14 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Apa pun yang berkaitan dengan almarhum pendiri Apple, Steve Jobs, agaknya bisa ditukar dengan sejumlah besar uang, termasuk kartu namanya.

Sebagaimana dirangkum Kompas Tekno dari Cnet, Senin (12/5/2015), tiga potong kartu nama Steve Jobs pada akhir minggu lalu laku terjual dengan harga 10.050 dollar AS atau lebih dari Rp 130 juta.

Nilai itu lebih kurang setara dengan 15 iPhone baru. Dengan kata lain, satu kartu nama Steve Jobs bisa ditukar dengan 5 iPhone.

Kartu-kartu nama tersebut terjual melalui sebuah lelang yang digelar sekolah swasta Marin School di California, AS, sebagai bagian dari acara pengumpulan dana tahunan.

Ketiga kartu nama disumbangkan oleh orangtua seorang siswa. Keluarga ini kebetulan memiliki usaha katering yang pernah disewa selama bertahun-tahun oleh Jobs.

The Marin School Tiga kartu nama Steve Jobs yang terjual dengan harga Rp 130 juta

Salah satu kartu nama berasal dari masa ketika Jobs menjabat sebagai presiden di perusahaan komputer NeXT yang didirikannya setelah sempat keluar dari Apple. Dua kartu lainnya dari masa ketika dia mengisi posisi chairman di Apple dan Pixar.

Lalu, siapakah pembeli yang merogoh kocek ratusan juta demi memperoleh kartu nama Steve Jobs? Ia adalah Tim Knowles, pendiri sekaligus CEO Stacks, startup asal Australia yang produknya berupa jasa sharing kartu nama secara digital lewat aplikasi iPhone.

Knowles ingin memajang kartu-kartu nama tersebut di kantor sebagai inspirasi untuk para pegawai.

Sebelumnya, dia sudah mendapat ratusan kartu nama lain, termasuk milik Steve Wozniak yang menjadi rekanan Steve Jobs ketika mendirikan Apple.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.