Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Watch "Disiksa" dalam Air, Hasilnya?

Kompas.com - 12/05/2015, 13:05 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber 9to5mac
KOMPAS.com - Pengujian yang dilakukan oleh seorang olahragawan, Ray Maker, terhadap jam tangan pintar Apple Watch memperlihatkan kemampuan tersembunyi dari perangkat tersebut. Ternyata, Watch mampu bertahan di bawah air lebih baik ketimbang saran dari Apple sendiri.

Apple Watch hadir dengan sertifikasi IPX7. Itu artinya, jam tangan pintar tersebut seharusnya dapat bertahan di bawah air sedalam 1 meter dalam durasi sekitar 30 menit. Apple pun tidak menyarankan penggunanya untuk menggunakan produk tersebut sambil berenang.

Nah, ingin menguji kemampuan dalam air secara lebih jauh, Maker melakukan serangkaian pengujian. Di antaranya, menggunakan Watch sambil berenang, melompat dari ketinggian tertentu, dan membawanya ke kedalaman 40 meter.

Dalam "penyiksaan" pertama, Maker menggunakan Watch untuk berenang sejauh 1.200 meter. Hasilnya, jam tangan tersebut masih dapat berfungsi dengan baik, tanpa ada kerusakan sedikit pun. Hasil pengujian ini seperti ingin menyanggah saran Apple untuk tidak menggunakan perangkat sambil berenang.

Meski begitu, ada beberapa catatan yang diambil oleh Maker. Pertama, Watch tidak bisa digunakan untuk mencatat atau tracking kegiatan berenang. Selain itu, sensor detak jantung juga tidak bekerja terlalu baik.

Setelah berenang, Maker menguji jam tangan ini dengan cara melompat dari ketinggian tertentu. Seperti KompasTekno rangkum dari 9to5mac, Selasa (12/5/2015), Maker melompat dari ketinggian 5 meter, 8 meter, dan 10 meter.

Meloncat dari tiga tingkatan ketinggian tersebut, Apple Watch ternyata mampu menghadapi tekanan yang ada. Menurut Maker, Watch tidak mengalami gangguan sama sekali, alias masih dapat bekerja dengan baik.

Dalam pengujian terakhir, Maker membawa Watch menyelam hingga kedalaman 40 meter. Hasilnya pun tidak jauh berbeda dari pengujian sebelumnya. Perangkat tersebut masih bisa dapat bekerja, meskipun dikatakan hanya bisa bertahan di kedalaman 1 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 9to5mac


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com