Kompas.com - 12/05/2015, 13:05 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Pengujian yang dilakukan oleh seorang olahragawan, Ray Maker, terhadap jam tangan pintar Apple Watch memperlihatkan kemampuan tersembunyi dari perangkat tersebut. Ternyata, Watch mampu bertahan di bawah air lebih baik ketimbang saran dari Apple sendiri.

Apple Watch hadir dengan sertifikasi IPX7. Itu artinya, jam tangan pintar tersebut seharusnya dapat bertahan di bawah air sedalam 1 meter dalam durasi sekitar 30 menit. Apple pun tidak menyarankan penggunanya untuk menggunakan produk tersebut sambil berenang.

Nah, ingin menguji kemampuan dalam air secara lebih jauh, Maker melakukan serangkaian pengujian. Di antaranya, menggunakan Watch sambil berenang, melompat dari ketinggian tertentu, dan membawanya ke kedalaman 40 meter.

Dalam "penyiksaan" pertama, Maker menggunakan Watch untuk berenang sejauh 1.200 meter. Hasilnya, jam tangan tersebut masih dapat berfungsi dengan baik, tanpa ada kerusakan sedikit pun. Hasil pengujian ini seperti ingin menyanggah saran Apple untuk tidak menggunakan perangkat sambil berenang.

Meski begitu, ada beberapa catatan yang diambil oleh Maker. Pertama, Watch tidak bisa digunakan untuk mencatat atau tracking kegiatan berenang. Selain itu, sensor detak jantung juga tidak bekerja terlalu baik.

Setelah berenang, Maker menguji jam tangan ini dengan cara melompat dari ketinggian tertentu. Seperti KompasTekno rangkum dari 9to5mac, Selasa (12/5/2015), Maker melompat dari ketinggian 5 meter, 8 meter, dan 10 meter.

Meloncat dari tiga tingkatan ketinggian tersebut, Apple Watch ternyata mampu menghadapi tekanan yang ada. Menurut Maker, Watch tidak mengalami gangguan sama sekali, alias masih dapat bekerja dengan baik.

Dalam pengujian terakhir, Maker membawa Watch menyelam hingga kedalaman 40 meter. Hasilnya pun tidak jauh berbeda dari pengujian sebelumnya. Perangkat tersebut masih bisa dapat bekerja, meskipun dikatakan hanya bisa bertahan di kedalaman 1 meter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.