30 Mei, Asosiasi E-commerce Gelar Pesta UKM di Jakarta

Kompas.com - 13/05/2015, 09:32 WIB
Ilustrasi e-commerce usabilitygeek.comIlustrasi e-commerce
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA) akan mengadakan pesta bagi kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM) bertajuk "UKM Indonesia - Scale UP!".

Acara itu sendiri akan diadakan pada 30 Mei 2015 mendatang di Assembly Hall, Plaza Bapindo, lantai 19, Jakarta. Dalam acara, peserta dari dunia UKM juga akan mendapatkan edukasi bagi para pelaku UKM untuk meningkatkan skala usaha.

Bagian seminar akan diisi oleh lebih dari 30 pembicara dari ekosistem industri e-commerce nasional, seperti Setyo Harsono dari Sprint, Aulia Marinto dari Blanja.com, Achmad Zaky dari Bukalapak, Kusumo Martanto dari Blibli.com, William Tanuwijaya dari Tokopedia, Imam Akbar dari DOku, dan Daniel Tumiwa dari OLX.

UKM disebut sebagai pemberi kontribusi terbesar di Indonesia. Menurut dari Nurbaya Initiative, anggota idEA, secara empiris 56 persen ekonomi negara datang dari UKM. Selain itu, ada 55 juta UKM yang berjualan secara online.

"E-commerce itu tulang punggungnya adalah UKM. Mereka bisa mengembangkan ekonomi Indonesia secara keseluruhan," kata Daniel Tumiwa, Ketua idEA, saat mengungkapkan alasan asosiasi tersebut mengadakan acara ini.

Pesta UKM ini diadakan juga untuk lebih meningkatkan kemampuan UKM di Indonesia dalam berjualan online.

Selain seminar, akan ada area pameran yang dapat dikunjungi secara gratis. Ada juga Klinik UKM, tempat para pengunjung untuk mendapatkan informasi mengenai penyelenggaraan bisnis e-commerce sekaligus berkonsultasi.

Area ini bakal dipenuhi sekitar 60 booth yang terdiri dari para penyelenggara e-commerce, penyedia solusi teknologi, logistik, sistem pembayaran, periklanan digitla, hingga para investor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X