Microsoft Kembali ke Windows Mobile, Gantikan Windows Phone

Kompas.com - 15/05/2015, 09:03 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Microsoft mengumumkan nama baru untuk sistem operasi smartphone buatannya, Windows 10 Mobile pada Rabu (13/5/2015). Nama ini akan menggantikan Windows Phone yang telah ditinggalkan Microsoft pada September 2014 lalu.

Pemilihan nama tersebut mengacu pada sistem operasi teranyar Microsoft, Windows 10.

Nama Windows Mobile sebenarnya tidak bisa dibilang baru. Sebelumnya, Microsoft pernah menggunakan nama ini untuk sistem operasi ponsel berbasis Windows. Versi OS yang sempat menggunakan nama itu, antara lain Windows Mobile 2003, Windows Mobile 5, Windows Mobile 6, Windows Mobile 6.1, dan Windows Mobile 6.5.

Dilansir KompasTekno dari Cnet, Windows 10 Mobile bakal dirilis pertengahan tahun ini. OS ponsel pintar ini mampu menjalankan semua aplikasi Microsoft yang sifatnya multi perangkat.

Hal ini dimungkinkan OS Windows 10 yang memang mengusung konsep produktivitas tinggi. Di manapun, kapanpun dan lewat apapun, pengguna bisa bekerja dengan aplikasi-aplikasi yang memudahkan.

Dari ponsel, berubah ke tablet, berpindah ke PC, aplikasi bawaan Windows 10 bisa diakses dengan layout serupa. Sehingga, pengguna tak bakal kebingungan.

"Kami merancang Windows 10 untuk memberi pengalaman komputasi yang lebih personal kepada pengguna dengan jenis perangkat apa saja. PC, tablet, ponsel, Xbox One, HoloLens dan Surface Hub bakal bisa mengakses aplikasi berpindah-pindah dan tak memusingkan," kata Kepala Marketing Windows Tony Prophet.

Dengan inovasi ini, Microsoft berharap dapat mengembalikan kejayaan Windows sebagai sistem operasi. Diketahui, pada 2000 hingga 2007, sebelum popularitas iOS dan Android mengemuka, Windows Mobile adalah sistem operasi mobile paling populer.

Tiga tahun dari sekarang, Microsoft menargetkan 1 miliar perangkat menggunakan OS Windows 10. Namun, hingga sekarang belum jelas kapan tanggal pasti OS Windows 10 bakal diluncurkan. Sama halnya belum jelas waktu tepat peluncuran Windows 10 Mobile.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.