Kompas.com - 15/05/2015, 13:33 WIB
Ilustrasi Photobucket EngadgetIlustrasi Photobucket
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) baru-baru ini menangkap dua orang tersangka yang menyebarkan aplikasi pembobol akun penyimpanan foto yang disebut dengan "Photofucket."

Dengan aplikasi tersebut, pengguna bisa mencuri password suatu album di layanan penyimpanan foto online Photobucket dan mengunduh foto-foto yang sifatnya pribadi, termasuk foto-foto telanjang.

Dua orang yang ditangkap adalah Brandon Bourret dari Colorado dan Athanasios Andrianakis dari California. Departemen Kehakiman AS menangkap mereka dengan barang bukti berupa percakapan e-mail yang membahas tentang transaksi Photofucket.

Dikutip KompasTekno dari Engadget, Jumat (15/5/2015), keduanya menghadapi tuntutan penyalahgunaan dan penipuan menggunakan komputer, pencurian akses dan dokumen pribadi, serta penyalahgunaan internet.

Hukum di AS mengatur penyalahgunaan akses perangkat dengan hukuman penjara yang lama, hingga sepuluh tahun di penjara negara bagian atau denda sebesar 250 ribu dollar AS.

Beredarnya aplikasi pembobol album pribadi Photobucket ini berawal dari sebuah kanal di situs Reddit yang membahas tentang celah keamanan yang dimiliki Photobucket.

Dengan aplikasi tersebut, pengguna bisa mengakses album yang diatur sebagai album pribadi. Biasanya, album tersebut digunakan untuk menyimpan foto-foto selfie yang memuat unsur ketelanjangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Situs Reddit juga sering dijadikan sebagai tempat mendistribusikan link (tautan) yang berisi bundel foto telanjang artis-artis ternama, seperti saat kasus foto-foto selfie telanjang sejumlah artis Hollywood yang dibobol dari akun iCloud mereka beberapa waktu lalu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.