Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Watch Gampang Dicuri

Kompas.com - 16/05/2015, 09:09 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis


KOMPAS.com - Sejak resmi dirilis April lalu, Apple Watch menjadi perangkat yang ramai diperbincangkan. Kategori produk baru dari Apple tersebut menawarkan banyak inovasi. Pemasarannya pun gencar dilakukan.

Namun, ada hal fundamental yang rupanya luput dari penggodokan arloji pintar tersebut. Dilansir KompasTekno, Sabtu (16/5/2015) dari Cnet, Apple Watch tak disematkan sistem keamanan yang mumpuni layaknya iPhone dan iPad.

Seperti diketahui, Apple membekali iPhone, iPad dan iPod Touch dengan fitur Activation Lock pada 2013, seiring dengan perilisan iOS 7. Fitur keamanan tersebut dibuat sebagai tanggapan atas maraknya pencurian iPhone.

Activation Lock bakal otomatis bekerja pada perangkat saat pengguna pertama kali membeli. Fitur ini menghubungkan Apple ID dan sandi dengan nomor seri pada iPhone di layanan Apple. Ini berfungsi mencegah pencuri untuk menukar kartu SIM dan mengoperasikan ponsel.

Seakan menganaktirikan Watch, Activation Lock belum dipatrikan pada jam ciptaan Apple ini. Dalam sebuah tes, seseorang terbukti mampu menyetel ulang Watch ke setelan standar.

Watch juga bisa terhubung dengan iPhone yang berbeda-beda. Ini tentu mempermudah gerak pencuri.

Walau belum tersematkan fitur keamanan, pihak Apple menilai keamanan perangkatnya sudah cukup. Pasalnya, untuk mengakses informasi personal, seseorang harus memasukkan kode lewat (passcode) yang dibuat oleh si pemilik. Maka, gerak pencuri data bakal makin sulit.

Bagaimanapun, Activation Lock sejauh ini merupakan fitur keamanan Apple yang banyak dilakukan. Dengan tak adanya Activation Lock pada Watch, tentu kerentanan keamanan produk tersebut lebih besar dibandingkan perangkat lain yang lebih besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com